Mohon tunggu...
rohyati yati
rohyati yati Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 3 BREBES

Hobby saya kuliner dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Komputer

16 Februari 2024   16:32 Diperbarui: 16 Februari 2024   16:45 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENDAHULUAN

Latar belakang Masalah 

Perubahan paradigma Pendidikan dari paradigma pembelajaran konvensional yang menekankan pada penanaman konsep yang berorientasi pada produk menuju pada paradigma pembelajaran baru menekankan pada penggalian konsep yang berorientasi pada proses dan kinerja (Taufik, 2012). Seiring dengan perubahan paradigma Pendidikan menuntut adanya perubahan pada tujuan Pendidikan yang akan di capai. Pendidikan yang hanya berfokus pada guru (teacher center) dinilai kurang efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran karena peserta didik lebih banyak diam dan tidak aktif dalam proses pembelajaran hal ini membuat peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran dan membuat ketidaktahuan peserta didik akan materi yang disampaikan oleh guru.

Dengan permasalahan di atas , maka diperlukan adanya suatu alternatif pemecahan masalah yang dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dalam proses pembelajaran , sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat dari sebelumnya, dan peserta didik dapat termotivasi dalam belajar. Sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan berkaitan dengan permasalahan di atas adalah dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didik dan dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif dan termotivasi dalam belajar.

Model pembelajaran yang akan diterapkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini juga di dukung dengan penggunaan media belajar yang menarik hingga membuat peserta didik tertarik dalam  mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian penulis mendokumentasikan deskripsi Praktik pembelajaran yang telah dilaksanakan sebagai pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam belajar mata Pelajaran Informatika dalam sebuah Best Practice yang berjudul " meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XE dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

PEMBAHASAN

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah 

  • Rendahnya motivasi belajar siswa hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran siswa terlihat pasif, beberapa siswa terlihat tiduran, ngobrol dengan sebangku , bahkan bermain smartphone
  • Kurangnya antusias belajar siswa
  • Pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher center)
  • Kurangnya penggunaan media teknologi dalam pembelajaran

Mengapa praktik ini penting untuk di bagikan 

  • Sebagian besar guru mungkin mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini, maka praktik baik ini mudah-mudahan dapat menjadi motivasi diri saya sendiri dan referensi bagi semua pendidik dalam memberikan pembelajaran yang menarik, variatif, kreatif dan inovatif yang bisa membuat motivasi belajar peserta didik meningkat.
  • Praktik baik ini dapat menjadi refleksi untuk memperbaiki cara pendidik menerapkan pendekatan, model, metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan tepat.
  • Praktik baik ini membutuhkan banyak saran untuk menjadi perbaikan kedepannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Tanggung jawab dan Peran 

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai Guru Informatika bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Sistem Komputer.

Hal yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan berdasarkan permasalahan yang dihadapi yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun