Mohon tunggu...
Warisan Literasi Mama
Warisan Literasi Mama Mohon Tunggu... Freelancer - Meneruskan Warisan Budaya Literasi dan Intelektual Almarhumah Mama Rohmah Tercinta

Mama Rohmah Sugiarti adalah ex-writerpreneure, freelance writer, communications consultant, yogini, dan seorang ibu yang sholehah dan terbaik bagi kami anak-anaknya. Semoga Mama selalu disayang Allah. Alfatihah.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Serangan Wabah Merah Jambu Menginspirasi Bulan Juli

20 Juli 2023   08:14 Diperbarui: 20 Juli 2023   08:24 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penampakan sebuah billboard di Glasgow | Foto karya Jennifer Killens

Sebuah billboard di tempat strategis menarik perhatian banyak orang yang lewat di Glasgow Skotlandian. Bukan karena sajian visualnya yang mengundang perhatian, cuma karena kesederhanaannya yang mengundang penasaran. Pasalnya tak ada gambar visual apa-apa yang disajikan dalam billboard tersebut. 

Hanya billboard kosong berwarna merah muda (pink) dengan tulisan "Juli 21" kecil di sudut pojok kecil dibawahnya. Tak ada headline, bodycopy, logo maupun tagline seperti laiknya iklan-iklan billboard pada umumnya. Tetapi justru hal itulah yang membuat iklan billboard ini mampu mencuri perhatian dan memaksa orang untuk menerka-nerka apa yang ingin disampaikan pengiklan pada billboard tersebut.

Penampakan sebuah billboard di Glasgow | Foto karya Jennifer Killens
Penampakan sebuah billboard di Glasgow | Foto karya Jennifer Killens
Warna pink yang ditampilkan billboard ini memang khas. Sontak mengingatkan penontonnya warna pink yang menjadi warna identitas ciri khas Barbie. Dan benar, ternyata billboard ini merupakan teaser dari iklan film Barbie terbaru yang akan diputar perdana pada 21 juli 2024 ini. 

Respon masyarakat pun tak jauh dari yang diharapkan pengiklan. Tak perlu berpikir lama, para penggemar Barbie pun segera mampu menebak maksud dari iklan tersebut. Warna merah muda khas Barbie ini memang telah menancap di benak para penggemar Barbie.

Kreativitas yang disajikan iklan Billboard Barbie ini dianggap cerdas oleh banyak pengamat iklan. Brand Barbie yang memang sudah menancap kuat di benak penggemarnya memang tak perlu tampil cerewet melalui iklan-iklan mereka. Dominasi warna merah muda yang ditampilkan dengan sederhana saja, sudah mampu menggiring penggemarnya untuk mengingat keberadaan Sang Barbie dan menjadi ingin tahu tentang apa yang tengah terjadi pada Barbie.

Poster Iklan Film Barbie | Doc. Matel Inc.
Poster Iklan Film Barbie | Doc. Matel Inc.
Billboard pink kosong yang ditampilkan Barbie mampu memerankan fungsi komunikasi yang diharapkan. Pertama, penampilan Billboard kosong dengan warna pink yang mencolok itu saja sudan mampu menarik perhatian khalayak untuk melihat dan memikirkan apa yang ingin disampaikan. 

Kedua, warna merah khas Barbie yang sepertinya belum memiliki pesaing di identitas warna ini, menjadi penarik ingatan khalayak kepada Barbie. Iklan yang tidak konvensional, namun menawan, unik dan mencuri perhatian. Tentu saja iklan ini tidak menarik bagi mereka yang tidak mengenal Barbie atau memiliki anak perempuan yang menggemari Barbie. Tapi tentunya itu bukan masalah, karena mereka memang bukan target dari iklan ini.

Seperti biasanya, film Barbie memang selalu mampu menghadirkan gelombang demam merah jambu di seluruh pelosok dunia. Merek Barbie yang begitu kuat sebagai boneka idola anak-anak bahkan orang-orang dewasa yang menggemarinya sejak belia, merupakan magnet tersendiri yang menjadikan Barbie sebagai wabah yang menyerang penggemarnya. Akibatnya gelombang merah muda menerjang kemana-mana.

Iklan Kolaborasi Adidas - Barbie | Doc. Adidas Superstar 
Iklan Kolaborasi Adidas - Barbie | Doc. Adidas Superstar 
Peluncuran film Barbie terbaru menjadikannya Barbie kembali mengemuka dan menarik banyak brand ternama berminat untuk berkolaborasi dengannya. Salah satunya adalah brand Adidas. Dus, terciptalah kolaborasi ikonik berupa rangkaian konsep Barbie Superstar Adidas yang baru. Sebuah kolaborasi yang cerah, inspirasional, berkilauan, merah jambu, dan sangat keren.

Adidas Superstars yang notabene merupakan lambang ikon gaya jalanan yang keren, bersinergi dengan Barbie dari Mattel, Inc., yang notabene merupakan simbol mode dan imajinasi abadi. Sinergi ini pun berhasil menciptakan kolaborasi yang luar biasa, berani, dan sangat merah muda, seperti mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan.

Peluncuran koleksi kolaborasi Barbie x Adidas Superstar ini pun mampu tampil ikonik. Persatuan Barbie dan Adidas Superstar menjadi persatuan dua ikon budaya pop yang bersatu untuk pertama kalinya untuk memanjakan penampilan kita dalam bergaya penuh keanggunan, dan kepercayaan diri. 

Bahkan kolaborasi ini bukan hanya tentang fashion semata melainkan juga sebagai perayakan atas semangat individualitas, kreativitas, dan menjadi superstar dengan cara unik yang sendiri.

Iklan Kolaborasi Adidas - Barbie | Doc. Adidas Superstar 
Iklan Kolaborasi Adidas - Barbie | Doc. Adidas Superstar 
Sebuah kolaborasi yang sangat pas, bahkan dari sisi tagline (slogan) yang dimiliki masing-masing brand ini. Slogan "Impossible is Nothing" milik Adidas, berkolaborasi dengan "You can be Anything" milik Barbie. Dus jadilah sebuah kalimat inspirasional yang sangat memotivasi, "You can be Anything because impossible is Nothing". Sebuah kalimat yang kuat bukan? Tabik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun