Pendidikan di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan dan evolusi seiring berjalannya waktu. Setiap era menghadirkan kurikulum yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang terus berkembang. Berikut ini adalah tinjauan mengenai ragam kurikulum yang pernah menghiasi pendidikan di Indonesia dari masa ke masa:
1. Kurikulum 1947 (Rencana Pelajaran 1947)
Setelah Indonesia merdeka, kurikulum pertama yang diterapkan adalah Kurikulum 1947. Kurikulum ini dikenal sebagai Rencana Pelajaran 1947 yang masih sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikan kolonial Belanda. Kurikulum ini berfokus pada pendidikan dasar dengan penekanan pada membaca, menulis, dan berhitung (calistung).
2. Kurikulum 1964
Kurikulum 1964 dikenal sebagai Kurikulum Pancawardhana. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan lima aspek pendidikan, yaitu moral, intelektual, emosional, keprigelan, dan jasmani. Ini adalah upaya pertama untuk membuat pendidikan lebih holistik dengan memperhatikan berbagai aspek perkembangan anak.
3. Kurikulum 1968
Pada tahun 1968, kurikulum kembali diperbarui dengan fokus pada pendidikan nasional yang berorientasi pada pembangunan bangsa. Kurikulum ini mencerminkan semangat Orde Baru yang berusaha menanamkan nilai-nilai Pancasila dan semangat kebangsaan.
4. Kurikulum 1975
Kurikulum 1975 memperkenalkan pendekatan tujuan instruksional yang sangat terstruktur dan terukur. Pendekatan ini didasarkan pada taksonomi Bloom yang membagi tujuan pendidikan ke dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pengajaran menjadi sangat terencana dengan detail tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran.
5. Kurikulum 1984
Kurikulum 1984 membawa perubahan signifikan dengan pendekatan proses belajar mengajar yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif. Kurikulum ini dikenal dengan nama Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Metode pengajaran mulai melibatkan siswa dalam diskusi, eksperimen, dan kegiatan kelompok.
6. Kurikulum 1994
Kurikulum 1994 mencoba untuk menyatukan berbagai elemen dari kurikulum sebelumnya dengan menekankan pada pencapaian kompetensi dasar siswa. Kurikulum ini menggabungkan pendekatan terstruktur dari Kurikulum 1975 dengan metode CBSA dari Kurikulum 1984, sehingga menciptakan keseimbangan antara teori dan praktik.
7. Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
Kurikulum 2004, juga dikenal sebagai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), berfokus pada pengembangan kompetensi siswa dalam berbagai aspek. Kurikulum ini mengarahkan siswa untuk menguasai kompetensi tertentu yang dinilai melalui berbagai penilaian, termasuk proyek, portofolio, dan presentasi.
8. Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan lebih banyak kebebasan kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal. Sekolah diberi wewenang untuk menentukan konten dan metode pengajaran, yang diharapkan dapat lebih relevan dengan kondisi siswa.
9. Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 atau K-13 merupakan pembaruan dari kurikulum sebelumnya dengan penekanan pada pengembangan karakter dan kompetensi abad 21. Kurikulum ini mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran dan mendorong penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. K-13 juga menekankan pentingnya keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.