Mohon tunggu...
TITI ROFIQOH PAMBAYUN
TITI ROFIQOH PAMBAYUN Mohon Tunggu... -

aku adalah aku. seseorang yang banyak kekurangan. namun aku selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk orang-orang yang aku sayangi. amiinn..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembaharuan Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran yang Bertujuan

16 November 2011   23:53 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:34 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bagaimanakah pembaharuan strategi, metode dan teknik pembelajaran itu? Strategi pembelajaranadalah rangkaian kegiatan antara guru dan siswa, metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan suatu materi, teknik pembelajaran adalah cara untuk mengimplementasikan metode. Ketiga hal itu dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Untuk membedakan antara metode pembelajran dan teknik pembelajaran kadang orang merasa sulit, sehingga tidak jarang orang menyamakan antara keduanya. Dari penjelasan sedikit di atas, sudah jelas terlihat antara metode dan teknik memang berbeda. Metode pembelajaran berisi tahapan tertentu yang akan dilakukan, sedangkan teknik pembelajaran merupakan cara yang digunakan. Metode yang dipilih oleh guru bisa saja sama, tetapi tekniknya berbeda.

Metode dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran dan merupakan satu kesatuan sistem dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pemilihan strategi, metode dan teknik pembelajaran berrgantung pada pendekatan apa yang digunakan oleh guru untuk mengajar. Dengan kata lain, setiap pendekatan pembelajaran mempunyai strategi, metode dan teknik pembelajaran tersendiri untuk dilaksanakan.

Berkaitan dengan pemaharuan strategi, metode dan teknik pembelajaran, pembaharuan yang dilakukan bersifat fleksibel tergantung pada pendekatan dan kemampuan guru dalam menguasai strategi, metode dan teknik pembelajaran. Pada dasarnya pembaharuan pembelajaran dilakukan karenaadanya tuntutan kebutuhan yang menjadi penentu tercapainya suatu pembelajaran.

Dahulu pendidikan di Indonesia menggunakan pendekatan DDCH ( Duduk, Dengar, Catat dan Hafal) dengan menggunakan metode ceramah atau diskusi. Namun dengan berjalannya waktu, pendekatan DDCH itu dianggap kurang efektif dan kurang sesuai dengan perkembangan jaman yang ada, karena pendekatan DDCH membuat siswa pasif dalam pembelajaran dan akan sulit dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dari itu, muncullah pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang sekarang digunakan. Strategi, metode dan teknik pembelajaran dalam pendekatan ini pembaharuan dari pendekatan yang sebelumnya. Misalnya dengan penggunaan strategi pembelajaran deduktif (umum ke khusus), metode inkuiri, dan teknik pembelajaran dengan observasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun