Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tiga unsur pembelajaran yang penting yaitu strategi, metode dan teknik, disini akan lebih rinci menjelaskan tentang pembaharuan metode pembelajaran. Perlu kita ketahui dahulu, pembaharuan dilakukan karena adanya tuntutan kebutuhan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Berkaitan dengan metode, pembaharuan dilakukan karena metode sebelumnya kurang maksimal dalam mencapai keberhasilan pembelajaran sehingga diperlukan adanya pembaharuan.
Metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan sutau materi kepada siswa. dengan kata lain, metode merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi yang telah disusun sebelumnya. Bentuk metode ini berupa kegiatan nyata dan praktik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa macam metode pembelajaran yang dapat digunakan, misalnya metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, metode sosiodrama, metode kerja kelompok metode inkuiri dan metode latihan.
Untuk melaksanakan metode pembelajaran, harus didukung adanya teknik secara spesifik yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam metode pembelajaran berisi tahapan – tahapan yang akan dilakukan, sedangkan teknik berupa cara yang akan digunakan untuk melakukan tahapan – tahapan pada metode. Jadi, meskipun metode yang dipilih oleh beberapa guru sama, teknik yang digunakan bisa berbeda sesuai yang diinginkan guru.
Pembelajaran kontekstual, merupakan salah satu contoh dari pembaharuan metode pembelajaran. Pada pembelajaran kontekstual, konsep belajarnya membantu guru untuk menggunakan metode pembelajaran antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa menemukan sendiri hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari – hari. Dalam pembelajaran ini, siswa tidak hanya pasif mendengarkan penjelasan guru melainkan ikut serta aktif dalam pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah dicapai.
Berbagai macam metode yang ada, semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing – masing. Untuk itu sebagai seorang pendidik harus bisa memilih metode mana yang lebih tepat. Jangan sampai metode yang digunakan tidak sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan, karena ketidaktepatan metode yang dipilih dapat menghambat proses belajar mengajar bahkan dapat mempengaruhi keberhasilan dari tujuan pembelajaran. Terima kasih… Semoga bermanfaat J
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H