Mohon tunggu...
RofiekPrastyaWigunaS
RofiekPrastyaWigunaS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

sangat menyukai foto,video dan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Essai Deduktif: Pengaruh Media Sosial terhadap Pola Komunikasi Generasi Z

8 Desember 2024   13:59 Diperbarui: 8 Desember 2024   15:15 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ESAI DEDUKTIF ACADEMIC WRITING COMMUNICATION SCIENCES PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA KOMUNIKASI GENERASI Z

Generasi Z merupakan generasi yang mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap internet terutama media sosial. Mereka sangat senang dengan kepopularitasannya dengan cara mengumpulkan followers, like pada setiap unggahan media sosialnya. Durasi yang diperlukan oleh generasi Z dalam menggunakan media sosial tiap harinya bisa menghabiskan waktu sekitar 6 sampai 7 jam perhari sedangkan 44% dari mereka memeriksa media sosialnya hampir di setiap jam (Liah et al., 2023). David Stillman dalam buku Gen Z: (How the Next Generation Is Transforming the Workplace) Generasi Z cenderung menghargai otentisitas, keberagaman, dan stabilitas. Mereka juga dikenal karena pengetahuan teknologi mereka yang dalam dan kecenderungan mereka untuk berpikir secara kritis dan strategis (Nuruzzahra et al., 2023). Banyak hal yang terjadi setelah kehadiran gawai dan media baru dalam ranah sosial, berbagai macam perubahan perilaku komunikasi milenial dan gen Z yang tidak bisa diprediksi dalam mengekspersikan ungkapan-ungkapan perasaan mereka dalam dunia maya (Zis et al., 2021). Generasi Z mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Karakteristik Generasi Z, menurut Grail Research (2011) adalah sebenar-benarnya generasi internet pertama (Hana et al., 2023). Media sosial, termasuk Instagram, memiliki pengaruh yang signifikan bagi remaja Generasi Z. Beberapa dampaknya termasuk kemungkinan terlibat dalam cyber-bullying, kecanduan media sosial, perubahan gaya komunikasi, dan potensi terlibat dalam perilaku konsumtif (Sikumbang et al., 2024). Selain instagram ada media sosial yang tengah populer, yaitu aplikasi TikTok (Ramadhan et al., 2022).

Tiktok adalah sebuah social media ini memuat video pendek berdurasi 15 - 60 detik yang didukung musik, filter, serta beberapa fitur kreatif lainnya (Ferniansyah et al., 2021). TikTok memungkinkan penggunanya untuk menciptakan, mengedit, dan membagikan konten multimedia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya (Andriani et al., 2024). 

Hanya dengan satu aplikasi, pengguna TikTok kini bisa membuat konten sendiri berkat kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkannya (Mardianto, 2023). Dengan membuat konten dalam tiktok tentu kita akan mendapatkan respon yang beragam dan mendapatkan jumlah like yang tertera dalam aplikasi tiktok tersebut (Setiawan et al., 2022). Tiktok memiliki dampak positif dan negatif, dampak negatifnya kemerosotan moral dengan membuat video joget-joget dan di upload di akun tiktok mereka (Ahdiyanti & Waluyati, 2021). Solusi yang dapat digunakan supaya tidak ada kemerosotan moral yaitu dengan Pendidikan tentang kesadaran akan konsekuensi dari pembuatan konten tersebut (Nahla et al., 2024).

Kesimpulannya generasi Z merupakan generasi asli digital pertama. Para remaja Generasi Z menggunakan sosial media untuk berinteraksi, bersosialisasi dan mengekspresikan diri (Fitriyadi et al., 2023). Media sosial bagi generasi Z digunakan sebagai alat komunikasi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari untuk belajar, hiburan dan kegiatan lainnya yang mempunyai dampak positif maupun negatif (Mawardha et al., 2023). 

Saran, Penggunaan waktu yang tepat dengan membatasi waktu layanan media sosial dapat mencegah penggunaan media sosial secara berlebihan (Suwarno, 2024). 

Daftar Pustaka 

Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 6(2), 74--83. https://doi.org/10.24252/sosioreligius.v6i2.27617 

Andriani, E., Prasetya, A. D., & Pratama, B. Y. (2024). Pengaruh Aplikasi TikTok dalam Komunikasi Generasi Z: Tinjauan terhadap Perubahan Pola Interaksi dan Ekspresi Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik Dan Kebijakan Negara, 1(3), 45-- 52. https://doi.org/10.62383/komunikasi.v1i3.31 

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR GENERASI Z. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9), 6. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.2700 

Fitriyadi, M. Y., Rahman, M. R., Asshidiqi, M. R. A., Ilham, M. A., Nurleli, Aibina, O. I., Hesda, N., & Fayyedh, F. Al. (2023). Pengaruh Dunia It Terhadap Perilaku Remaja Generasi Z. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2), 21--37. https://doi.org/10.55606/religion.v1i2.61 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun