Rubrik penilaian merupakan standarisasi penilaian yang digunakan pengajar kepada siswa/i atau mahasiswa/i nya. Beberapa instansi sekolah atau universitas memiliki ketentuan masing - masing dalam membuat rancangan rubrik untuk penilaian. Oleh karena itu saya ingin berbagi beberapa pengalaman saya ketika membuat rubrik penilaian berbicara. Aspek-aspek yang dinilai dalam tes keterampilan berbicara meliputi pengucapan, tata bahasa, kosakata, kelancaran, dan pemahaman.
Dalam membuat rubrik penilaian itu bisa dibilang mudah bisa juga dibilang sulit, tergantung pada pribadi masing masing. Salah satu kesulitannya dalam penilaian berbicara ini  adalah penjabaran dari skor setiap kriteria penilaian. Karena ini pertama kali dalam membuat rubrik penilaian sebagai final test English Language Learning Assessment.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H