Rubrik penilaian merupakan standarisasi penilaian yang digunakan pengajar kepada siswa/i atau mahasiswa/i nya. Beberapa instansi sekolah atau universitas memiliki ketentuan masing - masing dalam membuat rancangan rubrik untuk penilaian. Oleh karena itu saya ingin berbagi beberapa pengalaman saya ketika membuat rubrik penilaian berbicara. Aspek-aspek yang dinilai dalam tes keterampilan berbicara meliputi pengucapan, tata bahasa, kosakata, kelancaran, dan pemahaman.
Dalam membuat rubrik penilaian itu bisa dibilang mudah bisa juga dibilang sulit, tergantung pada pribadi masing masing. Salah satu kesulitannya dalam penilaian berbicara ini  adalah penjabaran dari skor setiap kriteria penilaian. Karena ini pertama kali dalam membuat rubrik penilaian sebagai final test English Language Learning Assessment.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI