Mohon tunggu...
Rofiatul Muizah
Rofiatul Muizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Akademis

Bermanfaat Bagi Orang Lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN BTV 3 Kelompok 40 Implementasi Literasi dan Numerisasi Digital pada Siswa SD di Masa Pandemi

1 September 2021   20:09 Diperbarui: 1 September 2021   20:18 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan KKN BTV 3 Universitas Jember dengan mengangkat program literasi dan numerisasi digital untuk siswa sekolah dasar dimasa pandemi covid-19 di Desa Pecoro Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, memiliki peluang untuk mendorong siswa memiliki kebiasaan membaca dan menghitung. Pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang semula dilaksanakan secara tatap muka namun kini telah beralih menjadi daring, sehingga menjadi beban tersendiri bagi orang tua karena masih minimnya pengetahuan dan waktu orang tua untuk memberi pendidikan kepada anaknya. Hal tersebut yang membuat saya berinisiatif untuk membuat kelompok belajar siswa sekolah dasar dengan memanfaatkan teknologi digital. Tujuannya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penunjang dalam kegiatan proses belajar dari rumah dan mengurangi beban orang tua ( https://sd.unej.ac.id/berita-desa/kkn-btv-3-unej-kelompok-40-efektivitas-layanan-literasi-dan-numerisasi-digital-siswa-sekolah-dasar-di-masa-pandemi-covid-19 ).

Gambar 1 Lokasi dan Sasaran KKN BTV 3 UNEJ (Dokpri)
Gambar 1 Lokasi dan Sasaran KKN BTV 3 UNEJ (Dokpri)

Program yang saya lakukan selama kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Back to Village 3 yaitu literasi dan numerisasi digital untuk meningkatkan minat baca dan hitung siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19. Melalui membaca seseorang akan mendapatkan pengetahuan yang luas dan sebaliknya jika seseorang tidak gemar membaca dikhawatirkan tidak mampu mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi yang ada, karena segala pengetahuan yang diperoleh tidak mungkin didapatkan tanpa membaca, maka minat baca perlu dilakukan sejak dini agar dapat menjadi landasan bagi berkembangnya budaya baca. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi seperti gadjet dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran membaca dan menghitung. Langkah untuk membuat gambaran yaitu kegiatan  language in love, numerisasi dan games edukasi (https://youtu.be/kekX97pg-yo ).

Gambar 2. Salah satu poster kegiatan KKN BTV 3 UNEJ   (dokpri)
Gambar 2. Salah satu poster kegiatan KKN BTV 3 UNEJ   (dokpri)

Hasil kegiatan KKN BTV 3 UNEJ program Literasi dan Numerisasi Digital pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 sangat efektif. Karena berdasarkan hasil evaluasi yang melibatkan orang tua siswa kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat membaca dan menghitung siswa sekolah dasar. Dengan cara memberikan kosa kata bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan metode menyenangkan seperti memanfaatkan aplikasi duolingo untuk belajar bahasa inggris, kemudian numerisasi yaitu mengajak siswa belajar menghitung dengan konsep perhitungan yang mudah dipahami dengan memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran, dan games edukasi yaitu bermain permainan yang mengedukasi siswa sekolah dasar. Implementasi kegiatan literasi dan numerisasi digital pada siswa di masa pandemi covid-19 (https://youtu.be/Hsra-giszbw).

Gambar 3. Evaluasi Siswa (Dokpri)
Gambar 3. Evaluasi Siswa (Dokpri)
  (Rofiatul Muizah/Kelompok 40/Desa Pecoro, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember/Hermanto Rohman, S.Sos, M.PA.)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun