Mohon tunggu...
Celoteh Roedi
Celoteh Roedi Mohon Tunggu... Wiraswasta -

Darah ku merah, tulang ku putih, nyawa ku Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Sanggupkah Suzuki Gixxer 150 Bersaing di Premium Class Indonesia?

21 Februari 2014   03:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:37 730
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sobat biker, gaung launching Suzuki Gixxer 150 di India baru-baru ini cukup membuat heboh para pecinta motor di tanah air. Betapa tidak, kehadiran Suzuki Gixxer 150 seakan-akan memunculkan harapan baru bagi pecinta sepeda motor khususnya Suzuki untuk menghadirkan produk yang up to date dan dapat bersaing head to head di kelas premium 150 cc. Tidak dapat dipungkiri, Yamaha Vixion Lighting dan Honda CB150R yang lebih dulu mendominasi kelas ini sulit untuk ditandingi, kecuali Suzuki dapat menghadirkan motor dengan kualitas, model dan harga yang dapat bersaing ketat dengan kedua kompetitornya tersebut. Suzuki sendiri selama ini seperti mengalami mati suri untuk R & D roda duanya di Indonesia. Produk-produknya sulit bersaing dengan Yamaha dan Honda serta selalu kalah dalam melakukan penetrasi pasar kecuali untuk Satria FU 150.  Kemunculan Suzuki Gixxer 150 sepertinya merupakan pelepas dahaga bagi pecinta sepeda motor Suzuki di tanah air yang sudah terlalu "pegal" menunggu produk yang sesuai dengan harapan mereka. [caption id="attachment_313092" align="aligncenter" width="618" caption="Gambar: Motorbeam.com"][/caption]

Suzuki Gixxer 150 hadir dengan tampilan fresh dan model yang baru sama sekali. Desain yang agresif, modern dengan sudut-sudut garis yang tegas dan tajam mengingatkan penulis akan moge Suzuki GSR 750. Apa lagi tampilan tangki dan knalpotnya sangat kental dengan nuansa Suzuki GSR 750. Bisa jadi Suzuki Gixxer 150 merupakan baby Suzuki GSR 750, sama seperti Suzuki Inazuma 250 yang merupakan baby Suzuki B-King.

[caption id="attachment_313100" align="aligncenter" width="641" caption="Gambar: Motorbeam.com"][/caption] Dengan mengadaptasi spedometer digital dan lampu LED untuk lampu belakangnya memberikan kesan modern pada motor ini. Ditambah pelak racing dengan tapak ban besar memunculkan aura moge street fighter.  Secara keseluruhan, model dan desain Suzuki Gixxer 150 ini dapat diterima di Indonesia dan head to head dengan Yamaha Vixion Lighting dan Honda CB150R. Spesifikasi Head to Head antara Suzuki Gixxer 150, Honda CB150R dan Yamaha Vixion Lighting. Dibawah ini perbandingan spesifikasi antara ketiga produk Premium Class di Indonesia.

Dilihat dari perbandingan spesifikasi antara Suzuki Gixxer 150 dengan kedua kompetitornya, sepertinya Gixxer harus mendapatkan upgrade jika di impor secara CBU dari negeri asalanya India. Karena motor ini kalah telak untuk performa mesin dari para kompetitornya dan  hanya dapat menyemburkan tenaga 13.9 PS! Selain itu motor ini masih menggunakan karburator pada sistem penyuplai BBM-nya, walaupun sudah mengadaptasi teknologi SEP (Suzuki Economic Performance) yang tidak diragukan lagi keiritannya, tapi jelas perawatan untuk sistem karburator lebih rewel dibandingkan kedua kompetitornya yang sudah menggunakan teknologi  injeksi.

Satu lagi kekurangan motor ini terhadap kedua kompetitornya adalah rem belakangnya yang masih menggunakan tromol (drum). Dan untuk bersaing di kelas premium Suzuki Indonesia harus melakukan upgrade terhadap kekurangan Suzuki Gixxer 150 ini agar dapat diterima di pasar Indonesia.

Kesimpulan.

Walaupun belum ada sinyalemen pasti dari Suzuki Indonesia untuk menghadirkan Suzuki Gixxer 150 ini di Indonesia, tapi sudah seharusnya Suzuki Indonesia memikirkan harapan para pecintanya untuk menghadirkan kembali motor yang berkualitas dipasaran Indonesia. Suzuki yang selama ini terkenal dengan durabilitas mesin dan fitur yang melimpah tapi dengan harga yang bersahabat dengan konsumen Indonesia kiranya dapat mempertimbangkan untuk memproduksi dan memasarkan Suzuki Gixxer 150 ini.

Apa lagi jika motor ini menggunakan mesin Suzuki Satria Fu150, atau FXR 150 DOHC yang dapat memuntahkan tenaga hingga 16 PS (FU-150) atau  20 PS (FXR 150), plus rem belakang menggunakan cakram, dapat dipastikan  motor ini akan mengungguli para kompetitornya! Ayo Suzuki Indonesia, tunggu apa lagi? jangan kecewakan para pencinta Suzuki yang masih setia dan fanatik menunggu kebangkitanmu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun