Mohon tunggu...
Khafid Abdillah
Khafid Abdillah Mohon Tunggu... wiraswasta -

Tidak berhenti untuk terus Membaca dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Penipuan Berkedok

9 April 2015   17:11 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:19 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mungkin anda sering geregetan dibuatnya menerima sms pemberitahuan nomor anda mendapatkan hadiah ratusan juta dengan kedok mengatasnamakan perusahaan terkenal seperti telkomsel, indosat, rinso dll. Dan itu berlangsung hingga hari ini mereka tak bosan-bosannya menghampiri di dalam handphone kita. Padahal modus ini umurnya sudah puluhan tahun. Itu artinya pangsa pasar yang dibidik oleh para komplotan ini masih manjur diterima oleh masyarakat kita. Apakah para pemangku kebijakan sengaja membiarkan masyarakat kita tak diberi perlindungan  dan menjadi korban terus-menerus?

Karena sudah terbiasa, saya tidak ngeh kalau para awak mensos kirim sms, mungkin KEMENSOS RI gerah banyak aduan masyarakat yang masuk. Begini bunyi smsnya di hp saya: Hati-hati penipuan berkedok Undian Gratis Berhadiah,pastikan kebenarannya, hub. DIT.PPSDBS 021-3144000. Tapi cukup hanya himbauan begini bu mentri?

Saya sebenarnya banyak menerima sms dengan beragam redaksi yang ujungnya modus penipuan. Biasanya langsung saya hapus. Hanya ada satu yang menggelitik pada setengah bulan lalu, saya menerima surat elektronik via fb dengan modus penitipan dolar ke rekening saya. Setelah saya telusuri di mbah google ternyata modus lama. Ini  dia modusnya:

Assalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh, Perkenalkan nama saya Erna Haryani saya bekerja dan tinggal di London.saya menikah dengan seorang warga negara Amerika,kami hidup dan menetap dilondon.sebelum menikahi saya ternyata suami saya sudah menikah di amerika dengan warga negara amerika juga,sehingga status saya kini adalah isteri kedua. Saya sangat bahagia hidup dengan suami saya,tetapi jujur isterinya memberi neraka buat kehidupan rumah tangga kami.saya berencana memindahkan uang saya ke negara asal saya yaitu Indonesia.Jika saya tidak mengambil langkah ini dengan cepat maka saya akan kehilangan segalanya dalam satu detik. Saya bekerja di perusahaan suami saya sebagai akuntan dan saya memegang bagian akuntan ,saya berencana memmindahkan uang saya sebesar £ 3.500.000GBP (Great britain poundsterling) dari perusahaan suami saya yang adalah milik saya pribadi untuk masa depan saya dan anak-anak saya. Apabila saya tidak bertindak sekarang,maka nantinya kalau suami saya meninggal dunia saya akan mngalami kesulitan yang luar biasa,dikarenakan isteri pertama suami saya mempunyai semua koneksi diperusahaan kami ini. Apakah anda sanggup menerima dan investasikan uang saya ,atau anda dapat menyimpannya sampai saya kembali ke indonesia? SAYA MEMBUTUHKAN ORANG YANG BISA SAYA PERCAYA DAN TIDAK MENGKHIANATI SAYA. Saya telah mengurus semua peraturan untuk bagaimana supaya uang tersebut sampai di indonesia tanpa ada masalah,saya jamin kesepakatan yang akan kita buat ini 100%bebas masalah.jika anda siap untuk membantu saya harap hubungi saya di: Atau anda dapat kirimkan pesan singkat ke no saya; +447512590433. Wassalamualaikum, Erna Haryani

Wah fotonya rupanya sudah dihapus. Tapi yang penting informasi ini bisa kita sampaikan kepada orang-orang di sekitar kita barangkali belum tahu modus seperti ini. Dan rupanya sudah diulas di kompasiana empat tahun lalu di http://hukum.kompasiana.com/2011/05/29/email-dana-warisan-jutaan-dollar

Kapan ya, pemerintah bisa serius menangani perkara seperti ini?

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun