Mohon tunggu...
Rodin Saputra
Rodin Saputra Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Vacuum Cleaner Heles #BekasJadiBerkah

5 Juli 2015   13:25 Diperbarui: 5 Juli 2015   13:25 704
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ID penjual virgi_sebastian, ID iklan 127532183, ID member Rodin Saputra


Awalnya saya tak ada niatan untuk mengikuti acara #BekasJadiBerkah dari OLX. Hal itu karena saya tak paham pesan yang disampaikan dari iklan yang ditayangkan di tv. Tapi setelah saya pahami dan coba untuk mengerti, saya akhirnya mengerti apa yang disampaikan oleh OLX. Ternyata memang benar bahwa dari barang bekas yang kita miliki bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Yang awalnya saya tidak mengerti, kini bisa ikut berpartisipasi dengan puluhan ribu pengguna olx lainnya dalam rangka mendukung kegiatan yang diselenggarakan olx. Semoga kegiatan #BekasJadiBerkah ini tidak hanya dilakukan di bulan Ramadhan saja akan tetapi terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya.

Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan lebih membutuhkan bantuan. Untuk kisah inspirasi lainnya yang bisa menggerakkan dari kegiatan ini adalah percakapan saya dengan teman saya di grup whatsapp. Dan kisah dibawah ini juga membuat saya terinspirasi untuk mengikuti kegiatan #BekasJadiBerkah dari OLX.

Untuk cerita lengkapnya sebagai berikut ini :


Pada tanggal 3 Juli pagi, ada seorang bapak-bapak baya berdiri di depan kontrakan sambil menyodorkan 1 buah buku tipis 24 halaman berisi tuntunan sholat dan doa. Dan satu lembar fotocopy "SHALAWAT MOHON BANYAK RIZKI", terus bapak tersebut berkata "sedekah seikhlasnya". Saya terima buku dan lembar kertas shalawatnya sambil memberikan sedekah 5 ribu rupiah, kemudian si bapak pergi. Bukunya saya letakan di rak buku dan lembar shalawatnya saya baca dengan seksama akan tetapi saya tak bisa baca secara jelas karena tulisan arabnya menggunakan tangan. Hurufnya kurang jelas, saya coba tanyakan di grup whatsapp tapi loading karena kuota abis.

Setelah mencoba beberapa kali kirim ke whatsapp gagal  kemudian saya tidur, kurang lebih jam setengah 2 siang saya terbangun dari tidur karena ada telfon. Setelah saya terima telfonnya ternyata dari pihak sales perumahan memberitahukan bahwa pengajuan kredit rumah saya diterima. Wah saya senang sekali rasanya, bisa diterima pengajuan kredit rumah subsidi dari btn. Pas sore jam stengah tujuan abis buka puasa, saya nonton hitam putih. Disitu ada bintang tamu Wirda anaknya ustadz Yusuf Mansyur, yang ternyata wirda seorang penghafal quran. Singkat cerita si wirda berbagi pengalaman bahwa dia pernah baca shalawat seperti yang diberikan bapak paruh baya.

Wirda melakukan shalawat sehari 1000x selama 2 minggu yang tujuannya katanya pengen beli macbook. Orang tuanya tidak membelikannya karena si Wirda ingin meminta rizki dari Alloh dengan shalawat, dan dia ga mau tahu caranya bagaimana yang penting dua minggu bisa dapet macbook ditangan. Tapi sampai 2 minggu pas si Macbook tak kunjung di terima juga, namun siapa sangka. Setelah ustadz yusuf mansyur pulang tauziah dari kalimantan beliau dapet titipan dari orang, sesuatu yang dimasukkan kantong plastik merah. Kantong tersebut hampir ketinggalan di pesawat namun diingatkan pramugari kalau bawaanya ada yang ketinggalan.

Sesampai dirumah kantong plastik merah yang berisi sesuatu digeletakin di meja, seprti biasa kalau pak ustadz pulang bawa bungkusan. Yang pertama kali bongkar-bongkar bawaan pa ustadz adalah wirda. Awalnya Wirda enggan untuk membuka bungkusan itu  karena biasanya paling makanan, pakaian atau sarung hadiah dari jemaah. Akan tetapi saat lihat kantong plastik merah katanya seolah memanggil dirinya untuk membukanya. Kemudian dia buka, dan isinya Masa Alloh,,, Macbook. Lalu wirda sujud syukur dan menangis terharu.

Pak ustadz Yusuf Mansyur berkata wah pd bener, mang buat siapa itu? setelah dibuka kemudian orang yang tittip barang buat wirda di telfon. Orang tersebut berkata "semoga titipan bapak bermanfaat ya buat wirda".

Nah dari kisah inspirasi yang dikisahkan wirda, apakah saya telah mengalaminya juga? dengan sedekah 5 ribu untuk mendapatkan buku 24 lembar dan satu lembar fotocopy shalawat bisa mendatangkan rizki beneran shingga saya dapat info gembira diterima pengajuan kredit rumah. Pada hari berikutnya tanggal 4 juli akhirnya saya bisa kirim jepretan foto shalawat ke grup whatsapp teman-teman saya. Saya meminta tolong teman saya untuk memperjelas tulisan tangan shalawat pada lembaran fotocopyan. Kata temenku sudah bisa dibaca fdan jelas katanya.

Terus ada satu lagi temen saya yang berkata bahwa kalau pengen rizki banyak disuruh kerja keras. Ada yang nyautin kuli dah kerja keras tidak dapet rizki banyak. Ada yang bilang kalau pengen banyak rizkinya jadi kuli sambil jualan online. Ada satu teman saya bernama Rendi berkata "Perbanyak sodakoh din..". Kalimatnya pendek singkat jelas padat, penuh makana dan harus dilakukan. Saya tersentuh dengan kata-kata itu, mungkin benar kata mas Rendi. Harus banyak sedekah, dengan adanya ajakan gerakan OLX #BekasJadiBerkah. Kisah Wirda dan pesan teman saya semakin membulatkan tekad saya untuk mengikuti kegiatan #BekasJadiBerkah.

 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun