Oleh : Ahmad Ramdhani
Jurusan Bimbingan dan Konseling
PPG PraJabatan Universitas Negeri Medan 2023
Sebagai seorang mahasiswa Pendidikan Profesi Guru, perjalanan panjang pendidikan nasional Indonesia telah menjadi fokus utama dalam pembelajaran dan penelitian saya. Pendidikan adalah pondasi yang tak tergantikan dalam pembangunan sebuah bangsa, dan Indonesia tidak terkecuali. Dalam esai ini, saya akan merangkum perjalanan pendidikan nasional Indonesia, mencermati tantangan yang dihadapi, serta mengungkapkan refleksi dan harapan pribadi terkait perjalanan pendidikan ini.
Tentang Perjalanan Pendidikan Nasional Indonesia
Perjalanan pendidikan nasional Indonesia telah mengalami berbagai tahap perkembangan dan transformasi yang sangat menarik untuk dipelajari. Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia telah mencapai kemajuan signifikan dalam memperluas akses pendidikan dan meningkatkan kualitasnya. Namun, perjalanan ini tidak tanpa tantangan.
Salah satu pencapaian paling mencolok adalah peningkatan akses pendidikan. Pendidikan dasar dan menengah sekarang lebih tersedia bagi lebih banyak anak di seluruh negeri. Program wajib belajar sembilan tahun (yang sekarang sudah menjadi 12 tahun) telah menjadi tonggak penting dalam memastikan anak-anak Indonesia memiliki kesempatan untuk menerima pendidikan dasar. Selain itu, upaya pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi juga patut diacungi jempol.
Namun, upaya memperbaiki kualitas pendidikan masih merupakan tantangan besar. Kurikulum yang kurang relevan dengan kebutuhan abad ke-21, rendahnya kompetensi guru, infrastruktur pendidikan yang belum merata, dan budaya penyelewengan dana pendidikan adalah beberapa masalah kritis yang harus diatasi. Oleh karena itu, perlu adanya upaya serius untuk meningkatkan standar pendidikan dan memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pendidikan berkualitas.
Komitmen pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan juga tercermin dalam upaya melibatkan masyarakat dalam proses pendidikan. Program pendidikan inklusif dan pendidikan karakter adalah langkah positif menuju pembentukan generasi muda yang lebih berdaya, berbudaya, dan bertanggung jawab. Keterlibatan komunitas lokal-pun tidak kalah pentingnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Teknologi juga memainkan peran penting dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan literasi digital siswa dan mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia yang semakin terdigitalisasi.