Mohon tunggu...
Khoirul Rochim
Khoirul Rochim Mohon Tunggu... Guru - Dalam hidup berikan makna hiasan yg indah

Pendidikan Agama Islam IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Money

Apa itu Analisis SWOT? Dana Analisis Industri dalam Dunia Bisnis

16 April 2020   14:36 Diperbarui: 16 April 2020   14:48 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam hal Bisnis perlunya juga mempertimbangkan bisnis yang akan di jalankan ketika hendak memulainya. Karena ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis yang dijalankan kedepanya. 

Jangan sampai bisnis yg akan dimulai tidak beraturan dan tidak ada pertimbangan sama sekali, tidak banyak orang mempertimbangkan bisnis kedepanya yang terpenting asal jalan berapapun hasilnya dan rintangan. 

Akan tetapi memang betul banyak tindakan dari pada banyak pertimbangan, tetapi tindakan juga perlu berfikir yang penting berjalan dengan sesama atau seimbang. Ini yang menjadi tolak ukur dalam memulai bisnis yang akan dijalankan ataupun yang sudah berjalan.

Perlu diketahui, pada Bisnis yang akan dijalankan maupun sudah. Perlunya memahami Analisi SWOT dan Analisis Industri, sehingga dalam menjalankan bisnis akan faham dan mengetahui kondisi kedepan mengenai bisnis yang di jalankan. 

Analisis SWOT adalah terdiri dari 4 kata yakni Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman).  Keempat ini menjadi penting dalam menentukan kondisi kedepa maupun sekarang dalam memulai bisnis yang akan dijalankan.

Strengths artinya kekuatan. Sebuah perusahaan harus memahami produk itu sendiri, yang akan dijadikan Bisnis sekarang maupun kedepan. Seberapa kuat produk yang akan dibuat dengan pesaing"nya di pasar dan seberapa besar  produk akan bertahan  kedepan ketika sudah dipasarkan dan memberikan keuntungan besar terhadap perusahaan. 

Ataukan jangan-jangan produk berhenti ditengah jalan tidak kuat menyaingi produk yang lainya, sehingga tidak memproduksi lagi perusahaan. Ini lah harus diperhatikan.

Weaknesses artinya Kelemahan. Tidak nya kekuatan tapi juga perlu memahami kelamahan produk yang dijalankan. Memuaskan tidak bagi konsumen yang sebagai target pemasaran. 

Atau kan jangan" tidak layak jual. Karena tidak menarik atau minat yang di pasarkan ke konsumen. Kelemahan menjadi nilai tersendiri di balik kelebihan produk, sehingga produk yang di tawarkan tidak asal-asalan membuat perlu di pertimbangkan, ketika hendak di pasarkan dan dikonsumsi publik. 

Supaya tidak mengecewakan bagi konsumen maupun perusahaan. Kualitas ini menjadi penting terhadap produk yang akan dipasarkan di publik agar layak di konsumsi dan timbul rasa puas apa yang sudah diproduksi bagi perusahaan.

Opportunities artinya Peluang, Hendaknya sebelum menjalankan bisnis perlunya memperhatikan peluang di lingkungan atau target yang akan di capai dalam menjalankan bisnis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun