Mohon tunggu...
Robin Djohani
Robin Djohani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka menonton film hollywood dan membaca beberapa berita penting

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

27 Oktober 2022   18:22 Diperbarui: 27 Oktober 2022   18:38 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Robin Djohani
Tugas pasca geladi 23 Oktober 2022
Narasi/deskriptif

1. Apa yang anda lakukan dalam proses tersebut?

Mulai dari pra geladi saya mengerjakan tugas yang diberikan oleh panitia untuk bisa melanjutkan kegiatan hominisasi dan mengikuti seluruh rangkaian acara tersebut. Setelah itu saya mengumpulkan tugas tersebut dan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan saat mendekati hari H hominisasi. 

Lalu saat hari H saya bangun pagi pukul 7.30 untuk siap-siap mengikuti acara hominisasi yaitu dengan mandi dan menyiapkan perangkat yang akan saya gunakan. Selama mengikuti kegiatan saya memperhatikan dan turut serta dalam keaktifan saat diberi tugas secara berkelompok yang sudah dibagikan. 

Disitu juga saya beserta kelompok mempresentasikan hasil yang sudah kita kerjakan dan terdapat penilaian oleh panitia yang ada untuk diseleksi sampai mendapatkan kelompok siapa yang terbaik. Terakhir, acara selesai pukul 13.00 tepat waktu, acara berjalan dengan sangat baik, dan saya mendapatkan sesuatu yang berguna dari kegiatan hominisasi ini.

2. Apa refleksi pengalaman anda terkait geladi hominisasi

Dari kegiatan hominisasi, saya merasa kedepannya perlu mengikuti kegiatan seperti ini karena penting bagi perkembangan diri seseorang seperti soft skill yang perlu diasah terus-menerus. Lalu juga menambah wawasan bagi saya kedepannya seperti contohnya dari hominisasi kemarin yaitu lebih meningkatkan kecintaan dan kepekaan saya terhadap Indonesia dan budaya yang harus kita pertahankan kelestariannya.

3. Menurut anda, setelah mengikuti geladi hominisasi, mengapa perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara?

Menurut saya karena logika merupakan pikiran yang realistis dan rasional lalu bisa memikirkan hal positif negatif dari hal yang saya pikirkan. Jika bahasa, bahasa asal atau bahasa ibu merupakan hal yang sangat penting untuk diingat ataupun dilestarikan dan jangan dilupakan, karena itu merupakan salah satu wujud kita mencintai budaya di Indonesia mulai dari hal kecil.

4. Apa manfaat yang ada dapatkan setelah mengikuti geladi hominisasi

Saya mengerti pentingnya mengasah soft skill, saya lebih paham tentang ilmu kehidupan, saya lebih paham tentang berpikir logika, meningkatkan rasa cinta terhadap budaya Indonesia, dan bagaimana cara menyampaikan hasil kerja atau presentasi dengan baik dan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun