Makanan adalah salah satu kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Sebagai sumber kalori, protein vitamin dan mineral tetapi kesehatan dan keselamatan serta mutu kehidupan manusia menjadi aspek yang dipertimbangkan. Maka dari itu seorang pemilik usaha kuliner atau owner tersebut bertanggung jawab besar pada pengolahan, lokasi, pemasaran dan pengemasan.
Perkembangan dunia usaha saat ini ditandai dengan makin tajamnya persaingan. Persaingan dibidang kuliner dengan merek -- merek baru cukup menyita perhatian khalayak. Salah satunya adalah sebuah usaha Sate Taichan atau sate tanpa bumbu kacang melainkan hanya sambal dan kaldu jamur atau bisa juga jeruk nipis. Usaha kuliner ini mulai dikenal masyarakat yang biasa disebut "Makanan Viral atau Makanan Hits" pada tahun 2018.
Proses pembuatan sate taichan sendiri tergolong tidak ribet, modalnya pun gak terlalu besar namun mempunyai keuntungan peluang bisnis yang besar. Meskipun begitu banyak tantangan yang ada. Salah satunya adalah penentuan lokasi usaha. Selain harus memilih tempat yang ramai/strategis, lokasinya juga harus terbuka atau outdoor karena proses pembuatan satenya harus dibakar dengan arang.
Bisa saja dibakar tanpa arang, tapi rasanya dijamin beda. Bahkan rasa satenya bisa hilang begitu saja. Nah, Sate Taichan yang cukup terkenal di Jakarta adalah Sate Taichan Senayan. Di sana pedagang Sate Taichan bergerobak berderet rapih dan kita tinggal memilih mau beli sate taichan dipedagang yang mana.
Di Sate Taichan Senayan ini buka mulai jam 22:00 -- 02:00 bahkan ada yang hingga subuh atau hingga dagangannya habis, salah satu Sate Taichan yang ramai adalah "Sate Taichan Bang Ocit 87", bahkan belum bukapun sudah banyak yang mengantri disini. Harga satu porsi Sate Taichan + Lontong adalah Rp. 25.000, sedangkan minuman dimulai dengan harga Rp. 5.000 untuk air mineral. Belum lagi disini free tambah sambal dan kaldu jamur.
Dalam usaha kuliner sate taichan ini salah satu pemasaran produknya bisa offline dengan cara memasang banner yang berisikan promo di depan tempatnya agar menarik pembeli yang lewat atau online dengan cara bekerja sama dengan Selebriti Instagram.
Selebriti Instagram atau yang biasa disapa "Selebgram" berpengaruh besar tehadap pemasaran Sate Taichan tersebut, dalam usaha kuliner ini tidak hanya sate taichan saja yang dipromosikan oleh selebgram tersebut. Ada banyak jenis kuliner lain, dan tidak hanya berupa makanan saja tetapi ada juga minumannya, contohnya : Bakso Aci, Makanan Seafood berupa Kepiting dan Kerang dengan berbagai macam bumbu, Brownies Lumer, Salad Buah, Thaitea Bubble, dan masih banyak lagi.
Nah disini cara pemasaran melalui selebgram ada dua cara yaitu "Paid Promote" dan "Endorse". Baik Paid Promote maupun Endorse memiliki cara yang berbeda yaitu kalau Endorse dengan cara owner atau pemilik usaha bekerja sama dengan Selebgram dan membayarnya dengan kesepakatan yang sudah ditentukan lalu mengirimkan produk yang dimiliki untuk di review di akun  instagram milik selebgram tersebut.
Lalu si Selebgram tugasnya mereview produk tersebut dengan cara ia merekam dirinya saat ia memakan produk kuliner tersebut lalu biasanya diimbuhi dengan kata -- kata yang menggiyurkan untuk menarik perhatian followersnya, misalnya "Hay guys aku dikirimin sate taichan dari Taichan Bang Gondrong nih dengan berbagai macam bumbu yang tentunya enak -- enak".
Sedangkan Paid Promote si pemilik usaha kuliner bekerja sama dengan Selebgram dan membayarnya sesuaui dengan kesepakatannya, dan cara kerja si Selebgram tersebut hanya mempromosikan akun instagram produk makanan tersebut. Pengaruh selebgram pada promosi online sangatlah besar, dan sama -- sama menguntungkan bagi pemilik usaha dan selebgram tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H