Mohon tunggu...
robby mandalaputra
robby mandalaputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Saya adalah Altlet Internasional Bintang yang Dikenal sebagai Pekerja Keras tetapi Saya Pindah Ratusan Mil Jauhnya untuk Pekerjaan yang Sangat Berbeda

26 Mei 2023   12:00 Diperbarui: 26 Mei 2023   12:06 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Mark, sekarang berusia 58 tahun, memberi tahu Wales Online bahwa dia "akan berakhir dilarang dan bahkan mungkin dipenjara" jika dia berperilaku seperti itu hari ini.
Dia berkata: "Saat itu itu setara untuk kursus tetapi itu tidak memaafkan beberapa tindakan saya di lapangan.
"Saya di luar kendali sebagai pemain. Pidato saya sangat buruk, dan bertarung di lapangan adalah cara saya untuk melampiaskannya.
"Akhir-akhir ini saya akhirnya dilarang dan bahkan mungkin di penjara. Seburuk itulah saya.
"Pemain bisa bermain sangat keras tanpa menjadi kotor. Tidak ada yang pernah dimediasi sebelumnya tetapi kabut merah menyelimuti saya, dan saya sering membentak."
Hari ini Mark tinggal di Qatar bersama istrinya. Dia bekerja di sekolah lokal sebagai teknisi laboratorium tetapi tetap tertarik dengan Rugby Union.
Mantan jagoan itu sekarang menjadi pelatih tim nasional Qatar dan sangat memperhatikan rugby di kampung halamannya di Wales.
Mark, yang bermain Rugby Union dan Rugby League, mengenang hari ketika dia menyadari bahwa dia harus melakukan perubahan drastis.

Setelah dia mengalahkan Ian Gough Mark muda, dia dipanggil untuk mengobrol dengan pelatih kepala Wales Graham Henry dan asistennya Steve Black.
Mark berkata: "Mereka bertanya kepada saya apakah gagap saya ada hubungannya dengan masalah kemarahan saya.
"Itu adalah katalisator yang membuat saya menyadari bahwa itulah alasannya."
Mark kemudian setuju untuk menghadiri sesi konseling, yang mengarah ke kelas terapi wicara.
Mark mengatakan bahwa selama karir rugby profesionalnya, dia pada dasarnya adalah tiga orang yang berbeda.
Dia berkata: "Keduanya di sekitar rugby kira-kira sama, tetapi yang di rumah sama sekali berbeda.
"Di rumah saya malu, pemalu, dan saya ingin bersembunyi di balik papan gorden."
Mark mengatakan bahwa terlepas dari masalahnya dengan disiplin yang buruk di lapangan, rugby mungkin menyelamatkannya dari depresi.
Dia berkata: "Ada banyak orang di luar sana yang memiliki gagap yang benar-benar beku, dan jatuh ke dalam spiral depresi.
"Akan sangat mudah bagi saya untuk menempuh rute itu sendiri, tetapi untungnya saya memiliki rugby."
Mark berkata bahwa meskipun persatuan dulu lebih keras daripada sekarang, liga rugby sangat sulit.
Dia berkata: "Ketika saya berada di liga rugby, saya sangat menderita gegar otak yang pada gilirannya mempengaruhi pidato saya, dan bahkan memperburuknya.
"Beberapa musim terakhir saya di utara saya kehilangan hitungan berapa kali saya membawa bola ke atas, lawan akan menghancurkan saya langsung di kepala, dan sisa permainan hanya akan menjadi kabur.
"Saya memilih untuk melanjutkan karena itu adalah pekerjaan saya tetapi menjadi sangat buruk sehingga saya sering terbangun di malam hari dalam kesakitan, dan kepala saya terasa seperti dipukul dengan tongkat kriket.
"Sakit kepalanya sangat parah, dan kemampuan berbicara saya menjadi sangat buruk sehingga saya kesulitan merangkai beberapa kata.
"Ketika saya kembali ke serikat pekerja, saya menjalani terapi wicara, dan yang terpenting hitsnya tidak berdampak seperti liga.
"Saya menderita masalah ingatan jangka pendek sebagai akibat langsung dari gegar otak di liga.
"Ada beberapa protokol gegar otak saat itu tetapi itu sangat bergantung pada kebijaksanaan pemain, dan karena ada budaya macho, orang tidak ingin terlihat lemah dengan keluar.

"Itu mencapai titik di mana saya harus keluar dari liga, saya tidak tahan lagi.
"Liga 20 kali lebih buruk untuk gegar otak saat itu daripada rugby union karena Anda terus-menerus dipukul dengan kekuatan penuh di kepala, terkadang oleh tiga orang.
"Hampir setiap kali Anda membawa bola, Anda akan mendapatkan satu pukulan di tubuh Anda, satu di kaki Anda, dan satu pukulan langsung ke kepala.
"Saya selalu pelupa, dan saya mengendarai mobil saya di tempat yang saya kenal dan tersesat.
"Gegar otak tidak diragukan lagi merupakan ancaman terbesar yang dihadapi persatuan rugby hari ini dengan terlalu banyak pemain yang menderita komplikasi kesehatan yang serius sebagai akibat langsung seperti demensia."
Mark menawarkan kata-kata bijak tentang permainan modern, dan mendesak penggemar untuk menunjukkan kesabaran kepada pemain saat performa mereka buruk.
Dia berkata: "Para pemain tidak berubah dari hebat menjadi cr ** dalam beberapa tahun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun