Saya pemilik Honda BeAT FI keluaran tahun 2013, setelah menggunakan lebih dari 10 tahun, ada beberapa masalah yang muncul.
Kendati demikian, saya perlu mengakui ketangguhan motor matic 110 CC Â ini, terbukti dengan mesin 'Si Hijau', merujuk Honda BeAT FI milik saya berwarna hijau.
Motor ini masih mampu melibas tanjakan tajam dengan jalan rusak di rumah saya yang berada di dataran tinggi Kabupaten Trenggalek.
Namun akhir-akhir ini, saya mendapat masalah dengan Honda BeAT kesayangan ini. Sudah hampir satu bulan, olinya rembes melulu.
Padahal sudah saya bawa ke bengkel, direkat dengan lem, sudah dicek dan diganti seal-nya, namun setelah saya bawa pulang, rembesan oli itu masih ada. Bahkan ngocornya makin deras.
Saya masih belum sempat membawa Si Hijau ke bengkel lagi, namun berdasarkan penelusuran saya di internet, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan Honda BeAT ini oli-nya rembes
Adapun penyebab rembesnya oli pada Honda BeAT FI ini di antaranya adalah karet seal yang rusak, baut penahan oli longgar, kebocoran pada silinder atau piston, kerusakan gasket, dan overfilling.
Banyaknya faktor penyebab rembesnya oli Honda BeAT FI ini bisa mengakibatkan lamanya proses perbaikan, karena kompenennya perlu dicek satu per satu, terlebih jika diperbaiki di bengkel biasa.
Selain masalah oli rembes, ada masalah lain pada Honda BeAT FI setelah pemakaian 10 tahun yaitu kelistrikan yang eror.
Beberapa bulan sebelumnya, Si Hijau mengalami kelistrikan yang eror yaitu saat motor berjalan dan membunyikan klakson, tiba-tiba mesin jadi brebet hingga mati.