Mohon tunggu...
rizzaamandatiajuniarti
rizzaamandatiajuniarti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi memasak dan ngedrakor, artikel favorit adalah isu yang lagi panas dan artikel makanan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Performa Akademik Remaja

13 Desember 2024   16:52 Diperbarui: 13 Desember 2024   16:58 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja saat ini. Platform seperti TikTok, Instagram dan WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, hingga hiburan. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat mempengaruhi konsentrasi dan waktu belajar siswa, sehingga berdampak pada performa akademik mereka.

Sebanyak 60% siswa menggunakan media sosial selama lebih dari 3 jam per hari, sementara 30% siswa menggunakan antara 1-3 jam per hari. Siswa yang menggunakan media sosial lebih dari 3 jam per hari rata-rata memiliki nilai akademik yang lebih rendah dibandingkan siswa yang menggunakan kurang dari 1 jam per hari.

 Selain mengalihkan perhatian, notifikasi dari media sosial sering mengganggu fokus siswa saat belajar. Banyak siswa juga terbiasa multitasking, seperti belajar sambil memeriksa media sosial, yang justru mengurangi kualitas pemahaman materi pelajaran.

Namun, selain pengaruh negatif, media sosial juga mempunyai dampak positif terhadap performa akademik remaja. Para siswa mampu mendapatkan informasi dari berbagai platform, seperti video tutorial dan artikel, yang membantu mereka memahami pelajaran dengan lebih mudah. Misalnya, banyak siswa memanfaatkan YouTube untuk mencari solusi tugas matematika atau mempelajari konsep sulit melalui video interaktif. 

Kesimpulannya, media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa akademik remaja. Jika digunakan dengan bijak, media sosial bisa menjadi alat bantu belajar yang efektif. Namun, siswa juga perlu mengelola waktu dengan baik agar penggunaan media sosial tidak mengganggu konsentrasi dan waktu belajar mereka.

Referensi:

Al-Omoush, K. S., et al. (2021). The Role of Social Media in Enhancing Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of Educational Technology, 15(2).

Berry, S. (2019). Social Media as a Tool for Learning: A New Perspective in Education. ResearchGate.

Common Sense Media. (2020). The Impact of Media and Technology on Children and Teens.

Fauzia, S., et al. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 5(1).

Naon.co.id. (2023). Media Sosial: Pengaruhnya Terhadap Perilaku Remaja di Era Digital. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun