Mohon tunggu...
Rizqi Galuh
Rizqi Galuh Mohon Tunggu... Administrasi - direktur

Penulis Dan Pembaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Lebih Dekat Layanan PLN UP3 Surabaya Selatan ULP Dukuh Kupang: Pengalaman Magang di Divisi Pelayanan Pelanggang dan Administrasi

18 Juni 2024   23:30 Diperbarui: 19 Juni 2024   00:39 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang adalah bagian penting dari proses pembelajaran dan persiapan memasuki dunia kerja. Salah satu institusi yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang adalah PT PLN (Persero). Dalam artikel ini, Say akan membahas pengalaman magang di bagian administrasi dan pelayanan pelanggan PT PLN.

PT PLN (Persero) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan di Indonesia. Unit Layanan Pelanggan (ULP) adalah bagian dari jaringan PLN yang berfokus pada memberikan pelayanan langsung kepada pelanggan di wilayah tertentu. ULP Dukuh Kupang , misalnya, bertanggung jawab atas administrasi harian terkait pelanggan di wilayahnya, termasuk pendaftaran pelanggan, penanganan keluhan, dan koordinasi pemeliharaan jaringan listrik.

Rizqi Galuh Wiguna Mahasiswa semester 6 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan magang di PT PLN ULP Dukuh kupang selama 40 . Saya ditempatkan pada bagian administrasi dan pelayanan pelanggan, di mana Saya mendapatkan pengetahuan praktis, keterampilan, dan pengalaman yang dapat diterapkan dalam lingkungan kerja sehari-hari. Selain itu, Saya juga membantu PLN dalam terus meningkatkan efisiensi administrasi dan kualitas pelayanan kepada pelanggan.Dalam magang, mahasiswa diberikan tugas-tugas seperti memberikan pelayanan administrasi pada pelanggan, mencatat bukti-bukti pelayanan, men-scan file data pelanggan, dan mengarsipkan data pelanggan. Saya juga belajar mengenai etika kerja, komunikasi yang efektif, serta kemampuan beradaptasi dalam tim.

Sumber dari penulis
Sumber dari penulis
Magang di PT PLN bagian administrasi dan pelayanan pelanggan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Mereka dapat menerapkan pengetahuan teoritis yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam situasi dunia nyata, memperkuat pemahaman, dan meningkatkan keterampilan praktis. Selain itu, magang juga membantu PLN dalam terus meningkatkan efisiensi administrasi dan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Sumber dari penulis
Sumber dari penulis


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun