Perubahan masif dalam bidang teknologi dan informasi berdampak nyata bagi seluruh sektor, tak terkecuali sektor logistik. Dampak teknologi baru pada supply chain secara global menciptakan perubahan proses yang cepat dalam mengakomodasi dasar-dasar industri 4.0.
Hal ini mendorong terciptanya digitalisasi penawaran produk dan layanan pelanggan, serta pengembangan bisnis baru berbasis digital. Sistem supply chain modern dengan cepat berubah menjadi lebih cerdas, memiliki jaringan lebih luas, dan maju secara teknologi. Hal ini secara langsung mengubah cara penyaluran produk dari produsen ke konsumen.
Secaraparsial, industri 4.0 telah didefinisikan oleh penggunaan komunikasi machine-to-machine dan perangkat Internet-of-Things (IoT) untuk membuat pabrik yang beroperasi seperti rumah pintar.
Volume data meningkat secara dramatis seiring dengan daya komputasi dan konektivitas yang berkembang. Hal ini menyebabkan munculnya kemampuan analisis dan business intelligence sebagai kompetensi inti yang diperlukan dalam dalam menjalankan bisnis.
Logistik 4.0 beroperasi dengan prinsip-prinsip yang sama, untuk menciptakan aliran pasokan jaringan menyeluruh yang menawarkan visibilitas rute transportasi serta tugas logistik lainnya secara optimal kepada manajer supply chain, pengirim, perusahaan pengiriman barang, dan pihak lain yang terkait. Industri 4.0 akan bertindak sebagai kekuatan pendorong nyata yang membentuk masa depan bisnis logistik secara global.
Ciri Khas perubahan teknologi di era 4.0
Tak kenal maka tak sayang, sebelum membahas lebih jauh mengenai logistik di era 4.0 sebaikya kita berkenalan dulu dengan revolusi industri yang terjadi sebelumnya. Revolusi industri pertama adalah tentang mesin uap, yang memungkinkan untuk menempuh jarak lebih jauh serta penyaluran produk lebih cepat dan mudah.
Revolusi industri kedua menghadirkan listrik dan komunikasi melalui kabel. Revolusi industri ketiga pada abad ke-20 menghasilkan beragam alat elektronik dan teknologi informasi seperti komputer dan robot. Kemudian, sampailah kita pada masa sekarang dan berhadapan dengan revolusi industri keempat.
Secara keseluruhan, revolusi industri 4.0 adalah tentang teknologi cyber, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Perubahan teknologi mendefinisikan ulang setiap elemen operasi logistik, dari manufaktur hingga pengiriman, pergudangan, kompetisi, kolaborasi, dan manajemen kepuasan pelanggan.
Menentukan strategi digital yang jelas dalam mendorong efisiensi bisnis sangat penting untuk kelangsungan perushaan pada lingkungan yang semakin kompetitif di masa depan. Pikirkan saja dampak smartphone yang sangat besar, visibilitas yang mereka tawarkan didukung oleh pengembangan aplikasi yang semakin canggih.
Hadirnya berbagai e-commerce dengan beragam pilihan, tentunya akan berdampak pada peningkatan permintaan dalam pengiriman barang. Artinya peningkatan bisnis e-commerce berdampak positif pada industri logistik Indonesia.
Perubahan ini juga turut merubah sikap dan perikalu konsumen, dimana konsumen saat ini cenderung menginginkan pelayanan yang serba cepat. Termasuk dalam hal pengiriman barang belanjaan yang dibeli secara online.
Tidak hanya kecepatan pengiriman yang dituntut, namun juga transparansi dan keamanan penyaluran produk. Sehingga logistik pun harus mampu beradaptasi di era 4.0 ini.
Sistem kecerdasan buatan pada industri 4.0 memungkinkan kita untuk menangani informasi sistem logistik dalam jumlah besar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini memfasilitasi proses transportasi dan penyaluran barang menjadi jauh lebih efektif.
Hadirnya J&T Express sebagai perusahaan Smart Logistic
Smart logistic berarti mampu beradaptasi dan melakukan penyesuaian terhadap perubahan baik dari sisi pasar maupun lingkungan sehingga kedekatan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan dapat tercapai. Hal ini secara langsung telah dimiliki oleh J&T Express yang tercermin dalam slogan "Express Your Online Business".
J&T Express telah mampu berkomitmen untuk melakukan penerapan teknologi di era 4.0 sebagai upaya peningkatan kegiatan bisnis, seperti detail tracking system sera penggunaan mesin sortir otomatis.
Tidak hanya itu, J&T berkontribusi untuk memajukan bisnis online dengan pengadaan layanan pengiriman 365 hari (atau tanpa libur) dan menghadirkan lebih dari 2.000 drop point yang memadai. Lihatlah betapa besar komitmen dan dedikasi yang diberikan J&T Express bagi para pelanggannya.
J&T Express juga menyediakan layanan gratis jemput paket di tempat dan pengiriman J&T Same Day bagi para konsumen. J&T Same Day atau (JSD) adalah layanan pengiriman dalam kota tanpa minimum jarak tempuh, pengiriman sebelum jam 12.00 WIB akan sampai pada hari yang sama.
Fitur lain yang disediakan J&T Express sebagai perusahaan Smart Logistic adalah hadirnya aplikasi smartphone J&T Express yang dapat di unduh di Appstore maupun Playstore.
Aplikasi ini turut berperan dalam peningkatan efisiensi baik untuk konsumen dan pelaku bisnis, dimana fitur Drop Off dan Drop Point bisa diakses secara mudah melalui aplikasi dan langsung terkoneksi dengan google maps.
Konsumen dapat mengetahui keberadaan barang pesanan mereka dengan real time tracking system yang dapat diakses melalui aplikasi ataupun website. Kecepatan pengiriman barang ke konsumen sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat semakin meningkatnya demand dan kepuasaan konsumen terhadap J&T Express.
Pada tahun 2019 ini, J&T Express dianugerahi penghargaan Top Brands Awards yang diselenggarakan oleh Frontier Group dan majalah marketing setelah mendapatkan penghargaan yang sama pada 2018.Â
Parameter pengukuran yang digunakan yaitu top of mind, last used, future intention, J&T Express berhasil dinyatakan sebagai Top Brand pada kategori courier service.
Maka tidaklah berlebihan jika J&T Express dikategorikan sebagai salah satu perusahaan logistik terbaik di Indonesia. J&T Express berhasil meraih kepercayaan masyarakat dan menunjukkan kesiapannya dalam mengarungi era 4.0.
Kemudahan dan manfaat layanan yang diberikan J&T telah saya rasakan sendiri ketika pertama kali melakukan pengiriman pesanan. Saya memiliki bisnis kecil yang sedang berkembang di bidang digital art. Umumnya konsumen menginginkan pesanan dalam bentuk file saja, namun tidak sedkit yang menginginkan dalam bentuk cetak dan pigura.
Pertama kali mendapat pesanan cetak dan pigura dari luar kota membuat saya bingung bukan main, di satu sisi ini merupakan peluang pengembangan bisnis namun di sisi lain bagaimana jika saya memilih ekspedisi yang salah dan terdapat kerusakan pada barang pesanan konsumen. Seperti yang kita tahu, pigura adalah benda rawan rusak apabila penangannya tidak baik.
Setelah melakukan survey, akhirnya pilihan saya jatuh pada J&T Express. Selain mudah ditemukan di daerah rumah saya, terdapat fasilitas pick up yang tentunya sangat memudahkan.
Pengiriman barang aman dan cepat dari Jember ke Probolinggo hanya butuh waktu 2 hari. Konsumen puas, bisnis saya juga semakin berkembang. Kini tidak perlu ragu dan gundah jika mendapatkan pesanan dari luar kota bahkan luar pulau, kan sudah ada J&T Express!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H