Mohon tunggu...
Rizky Pratama
Rizky Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kerja Praktek di PT Gunawan Dianjaya Steel

24 Juni 2023   01:13 Diperbarui: 24 Juni 2023   19:30 394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber  Gambar PT.GDS

Kerja Praktek (KP) merupakan mata kuliah yang wajib dijalani oleh mahasiswa universitas guna memberikan pengalaman praktis di dunia kerja. Melalui Kerja Praktek (KP), mahasiswa memiliki kesempatan berinteraksi langsung dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya, menerapkan teori yang telah dipelajari dalam perkuliahan, dan mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi. Dalam Kerja Praktek (KP), mahasiswa dapat memperluas jaringan profesional, memperoleh wawasan tentang tuntutan pekerjaan yang sebenarnya, serta meningkatkan pemahaman tentang dinamika industri. 

"Nama saya Rizky Pratama dan teman kelompok kerja praktek bernama risky lazuardi irsyad, sebagai mahasiswa Teknik Industri di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.  saya mengajukan proposal Kerja Praktek (KP) dan setelah tiga minggu, saya menerima surat pemberitahuan bahwa saya diterima untuk melakukan Kerja Praktek (KP) di PT. Gunawan Dianjaya Steel. 

Pada bulan Oktober, saya memulai melaksanakan Kerja Praktek (KP) yang berlangsung selama tiga bulan. Di awal-awal dalam melakukan Kerja Praktek (KP), saya menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Saya belajar cara berinteraksi dengan rekan kerja, menjalin kerja sama yang baik, serta menerapkan sikap dan disiplin kerja yang tepat, terutama dalam hal ketepatan waktu kedatangan dan penyelesaian tugas" 

"Saat melaksanakan Kerja Praktek (KP), saya diminta pembimbing lapangan saya untuk membuat suatu program dari excel yang mudah digunakan untuk melakukan perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) . Saya membuat sebuah program menggunakan Excel yang digunakan untuk menghitung Overall Equipment Effectiveness (OEE) dengan mempertimbangkan Pemeliharaan Productive. 

Program ini memanfaatkan data total pemeliharaan productive yang ada untuk menghasilkan perhitungan yang akurat mengenai jumlah total Pemeliharaan Productive. Dalam program tersebut, saya telah mengembangkan rumus dan algoritma yang mempertimbangkan Availability Ratio, Performance Efficiency Ratio , dan Status Quality Rate. Dengan memasukkan informasi-informasi ini ke dalam program, pengguna dapat melihat perkiraan performa mesin Hot Leaver berdasarkan data yang telah diinput" 

"Selain itu, program ini juga memperhitungkan total productive maintenance dari metode overal equipment effectiveness (OEE). Hal ini memungkinkan pengguna untuk menentukan performa pada mesin Hot Leaver dengan tepat, sehingga ke efektivitas pada mesin Hot Leaver dapat dijaga pada tingkat yang optimal. Program yang saya buat juga dilengkapi dengan fitur pelaporan yang membantu pengguna dalam memantau total perawatan produkstivitas dan membuat efektivitas peralatan keseluruhan dengan tepat. 

Pengguna dapat melihat hasil perhitungan, perawatan produktivitas pada mesin Hot Leaver, dan informasi penting lainnya melalui laporan yang dihasilkan oleh program yang saya buat. Program ini telah membantu dalam mengoptimalkan Performance Efficiency, menghindari kekurangan performa pada mesin Hot Leaver, serta meningkatkan Availability, nilai OEE dan Performance Efficiency dalam operasional perusahaan. Dengan menggunakan program ini, pengguna dapat mengetahui Availability Ratio, Performance Efficiency Ratio dan Quality Rate mengurangi risiko kesalahan dalam perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE)" 

"Pengalaman Kerja Praktek (KP) yang telah saya lalui memberikan manfaat yang besar dalam pengembangan diri saya dan teman kelompok kerja praktik saya. Saya dan teman kelompok saya telah mendapatkan pemahaman mendalam tentang industri, keterampilan praktis, dan hubungan profesional yang berharga. Saya dan teman kelompok saya sangat bersyukur atas kesempatan ini dan siap mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh selama Kerja Praktek (KP) ini dalam karir saya di masa depan"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun