Mohon tunggu...
Rizky Najib
Rizky Najib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Saya adalah seseorang yang tertarik dengan berita maupun informasi yang berkaitan dengan perkembangan teknologi, pendidikan, media, literasi, dan lain-lain. Saya mencari berita tidak hanya berita nasional saja bahkan saya selalu mencari berita dari media luar negeri.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Creative Copywriting di Rumah BUMN

31 Oktober 2022   14:49 Diperbarui: 31 Oktober 2022   15:06 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada pertemuan keenam kegiatan Digital Marketing Program (DMP) batch 2, dengan pemateri yang sama memberikan materi mengenai creative content copywriting. pada Selasa 25 Oktober 2022.

Nah  disini kita akan membahas tentang content copywriting ? Saya akan menjelaskan sedikit tentang materi yang telah di bahas oleh pemateri sebelumnya.
Banyak definisi apa yang dimaksud dengan copywriting. Salah satu yang paling gampang, copywriting adalah salah satu teknik penulisan suatu tujuan untuk mendapatkan respon dari si pembacanya.

Media dalam copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi bisa menggunakan gambar atau dalam bentuk video.
Dari apa yang di jelaskan pak bondan selaku pemateri, copywriting adalah suatu tulisan yang dibuat oleh seorang writer tujuannya disebarkan untuk kepentingan komersil.

Contoh copywriting banyak digunakan untuk iklan pada website, landing page, televisi, majalah, koran, bahkan sampai pemasaran prodak.

Sekarang ini dengan perkembangan zaman yang semakin maju, copywriting seolah menjadi salah satu hal penting yang harus ada dalam kehidupan ini terutama bidang marketing dan pemasaran.

Akan tetapi untuk bisa menjadi seorang copywriter tidaklah mudah, Anda harus tahu teknik copywriting yang bisa menarik costomer.
Ada berbagai jenis copywriting :
1. Marketing copywriting
2. Sosial media copywriting
3. Brand copywriting
4. Direct response copywriting
5. Technical copywriting
6. Public reletions copywriting
7. Email copywriting
8. SEO copywriting
Kalo saya jelaskan mungkin panjang ya, kita singkat saja dan masuk pembahasan berikutnya
Yaitu teknik yang harus kita fahami dalam melakukan copywriting dalam pemasaran.
Salah satu teknik yang banyak digunakan oleh copywriter adalah
AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action).
Apa itu AIDA, aida bukan orang nama orang ya melainkan teknik berbisnis.


Attention tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian dari pembaca yang menjadi calon konsumen kita. Ini contoh kalimat yang bisa Anda gunakan untuk copywriting: Ingin punya badan langsing dalam sebulan tanpa harus melakukan beberapa proses?
Kembalikan tubuh indahmu saat sepeti masa muda dulu lagi 

Kangen memiliki bentuk tubuh saat masih ABG dulu lagi?
Tidak punya waktu untuk berolahraga karena kesibukan kerja?
Sekarang Anda bisa menurunkan berat badan tanpa harus repot olahraga yang menyita waktu.
Cukup dengan ....... Tubuh anda kembali seperti dulu kala!

Langkah selanjutnya setelah interest, memasuki tahap bagaimana cara kita membuat customor yang datang menjadi tertarik dengan produk yang kita jual sehingga mereka mau melanjutkan membaca copywriting sampai akhir.

Ingatkan dengan masalah berat badan yang mereka miliki agar lebih menarik. Tambahkan beberapa kata, fakta, data statistik, alasan yang membuat para customor semakin tergiur dengan prodak kita
Berikut contohnya:

1.Terbukti mampu menurunkan berat badan 10kg dalam 2 minggu
2.Menjadikan Anda lebih tampan seperti artis artis korea
3.Bisa terlihat 5 tahun lebih awet muda
4.Banyak para wanita wanita muda yang mendekat
5.Pekerjaan tetap jalan tidak terganggu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun