Mohon tunggu...
Rizky Najib
Rizky Najib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Saya adalah seseorang yang tertarik dengan berita maupun informasi yang berkaitan dengan perkembangan teknologi, pendidikan, media, literasi, dan lain-lain. Saya mencari berita tidak hanya berita nasional saja bahkan saya selalu mencari berita dari media luar negeri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Brand Fundemental di Rumah BUMN

30 Oktober 2022   11:17 Diperbarui: 30 Oktober 2022   11:21 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pertemuan ketiga pada tanggal 14 Oktober 2022 lalu, di sini kita di ajarkan tentang Brand Fundamental atau bisa di sebut branding di Rumah BUMN Yogyakarta bersama dengan mahasiswa UNISA Yogyakarta dan juga UMKM yang ada di BUMN.

Apa itu branding?
Branding adalah salah satu gagasan penting dalam pemberian dukungan secara bentuk gambar profil perusahaan dengan desain atau simbol tertentu untuk mengiklankan produk dan jasanya. Maka dari itu Branding sering kali kita artikan dengan nama Brand yang biasa kita kenal logo perusahaan, namun kata tersebut ternyata kurang tepat karena brand merupakan produk/jasa yang sumbernya lebih spesifik dan berisi tentang atribut fisik, pemahaman logis, atau karakteristik untuk asosiasi terhadap nama produk sebuah organisasi/perusahaan. Sedangkan merk hanyalah sebuah nama identitas yang digunakan untuk sebuah produk
Mengapa kita harus mengadakan sebuah branding dan seberapa pentingkah?
Branding adalah suatu materi atau komponen dasara membangun bisnis yang sangat mahal

Nah, branding itu sendiri dalam suatu bisnis terbilang penting karena yang pertama pelajaran yang sangat mahal dalam dunia bisnis yang kedua cara peningkatkan brand yang kita pasarkan supaya orang tertarik dan tau perbedaan serta kelebihan terhadap produk yang kita jual sehingga menambah reputasi citra jual itu sendiri. Maka dari itu, branding cukup kompeten dalam suatu bisnis kita agar lebih kuat menghadapi kompetitor/pesaing diluar sana dan jika produk kita mendapat komentar negatif maka akan tetap ada peminatnya. Branding bersifat intangible (susah bangkrut), contohnya banyak yang mengartikan perusahaan tersebut bangkrut akan tetapi perusahaan nya tidak bangkrut melainkan brandnya saya yang tidak bisa memberikan persaingan dengan perusahaan lain.

Dalam menentukan brand kita harus pintar memilih dan selalu mem-branding dengan produk-produk yang tersedia  di luaran, yakni dengan memastikan bahwa produk yang akan kita  pasarkan sesuai dengan kebutuhan, minat dan keinginan costumer. Untuk memasarkannya pun kita harus melakukan riset branding dengan brand lain agar memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri supaya costumer penasaran dan tertarik akan prodak yang kita pasarkan.
Pada materi kali ini, kita di ajarkan untuk berhati hati dan berfikir matang dalam pembuatan brand itu sendiri, karna brand adalah suatu tolak ukur kesuksesan kita dalam membangun usaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun