Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh mahasiswa, terutama untuk program studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Tidak hanya menjadi ajang untuk memperluas wawasan, KKL juga menjadi sarana mempererat kebersamaan antar mahasiswa. Pada tanggal 14 November 2024 mahasiswa Manajemen UMY melakukan kunjungan ke fasilitas produksi Ajinomoto yang terletak di Karawang.
Memahami Marketing Mix Ajinomoto
Perusahaan yang terkenal dengan produk bumbu masaknya ini menyambut dengan ramah. Para mahasiswa mendapatkan banyak informasi tentang Ajinomoto dan juga penerapan konsep marketing mix dalam konteks industri makanan, serta untuk memahami proses produksi dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan.
Dalam kunjungan ini, mahasiswa memahami bagaimana Ajinomoto menerapkan elemen-elemen dari marketing mix, yang terdiri dari:
- Produk : Mahasiswa akan mempelajari jenis produk yang ditawarkan oleh Ajinomoto, termasuk inovasi dan kualitas produk. Mereka akan mengeksplorasi bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen.
- Harga : Kunjungan ini juga untuk memahami strategi penetapan harga yang digunakan oleh Ajinomoto. Mahasiswa diberikan informasi bagaimana harga produk ditentukan dan bagaimana strategi harga tersebut berpengaruh terhadap daya saing di pasar.
- Tempat (Distribusi): Mahasiswa mempelajari saluran distribusi yang digunakan oleh Ajinomoto untuk menjangkau konsumen. Ini mencakup pemahaman tentang jaringan distribusi, lokasi penjualan, dan aksesibilitas produk.
- Promosi : Kunjungan ini akan memberikan wawasan tentang strategi promosi yang diterapkan oleh Ajinomoto, termasuk kampanye iklan, promosi penjualan, dan kegiatan edukasi konsumen.
Memahami Proses Produksi
kunjungan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai proses produksi di Ajinomoto. Para mahasiswa juga diajak melihat langsung proses produksi yang modern dan higienis, serta mendengar penjelasan tentang strategi perusahaan dalam menjaga kualitas produk dan keberlanjutan lingkungan. Salah satu hal menarik adalah bagaimana PT Ajinomoto menerapkan teknologi ramah lingkungan dalam operasionalnya. Ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana teori pemasaran dan manajemen produksi diterapkan dalam praktik.
Pemanfaatan Teknologi dan Data