Mohon tunggu...
rizkya fadhila
rizkya fadhila Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Slamet Riyadi Surakarta

halo, semoga artikel saya bermanfaat!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Digital Marketing pada UMKM

22 Agustus 2023   13:44 Diperbarui: 22 Agustus 2023   13:49 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sukoharjo - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi Surakarta, melakukan penerapan Digital Marketing pada UMKM Bolen Ma-La Amanda di Dukuh Kerten Desa Ngombakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo pada tanggal 3 Agustus 2023. Kegiatan tersebut ditunjukan kepada Ibu Etni sebagai Produsen UMKM Bolen Ma-La Amanda.

"Diharapkan penerapan dan pengenalan Digital Marketing ini bisa meningkatkan omset penjualan dan peluasan pasar pada UMKM Bolen Ma-La Amanda pada Dukuh Kerten, Desa Ngombakan, Polokarto"  diungkapkan pelaksanaan kegiatan Rizkya Fadhila, pada Kamis 3/08/2023.

Digital Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang umumnya digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai saluran distribusi. Melalui sosial media, pembeli dapat memperoleh informasi kapan saja dan dimana pun mereka butuhkan. Dengan jumlah pengguna sosial media yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yakni Whatsapp dan Instagram, UMKM akan mendapatkan banyak keuntungan seperti kemudahan dalam berkomunikasi antara konsumen dan produsen, sebagai suatu media untuk promosi produk agar dikenal dikalangan masyarakat lebih luas, mengoptimalkan potensi pasar yang ada, dan juga memaksimalkan keuntungan yang didapat dari pemasaran produk dengan menggunakan Digital Marketing.

Nama bolen sendiri diambil dari bentuk kue ini yang hampir menyerupai truk pengaduk semen, yakni truk bolen. Sama halnya seperti nastar, pisang bolen ini merupakan inovasi yang diciptakan dari resep-resep pastry asal Belanda, sehingga rasanya lebih diterima oleh lidah masyarakat Indonesia dan variasi isian yang lebih mudah didapat.

  Resep pisang bolen :

Bahan A:

  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdm minyak goreng
  • 100 gr margarin

Bahan B:

  • 300 gr tepung terigu protein tinggi
  • 30 gr gula halus
  • 110 gr margarin
  • 100 ml air matang

Bahan isian:

  • Pisang raja secukupnya
  • Keju secukupnya
  • Minyak secukupnya

Bahan olesan:

  • 1 buah kuning telur
  • 1 sdm susu cair
  • ½ sdm madu
  • Keju parut secukupnya
  • Mesis (jika diperlukan)

Proses produksi bolen tersebut dilaksanakan pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB. Bolen tersebut dapat bertahan hanya 3 hari, karena tidak memakai bahan pengawet di dalamnya. Dengan harga jual Rp.2.500/pcs. Sasaran pasar atau penjualan Ibu Etni sebelum mengenal Digital Marketing adalah dengan mengirim bolen tersebut ke berbagai pasar di sekitar daerah Surakarta dan Sukoharjo. Dengan demikian Rizkya Fadhila sebagai pelaksana kegiatan, berniat untuk mengenalkan dan menerapkan Digital Marketing pada UMKM Bolen Ma-La Amanda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun