Bagaimana menarik minat masyarakat agar tidak ragu menggunakan transportasi umum di masa kemudahan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti saat ini?
- Perubahan guna perbaikan pada kebijakan manajemen transportasi umum (khususnya bus) ditingkat pusat yang nantinya harus dilaksanakan serentak dalam pengoprasian transportasi tsb, misalnya mengintegrasikan untuk meniadakan pengamen didalam bus, larangan merokok, standar kebersihan, dsb.
- Meningkatkan pelayanan baik dalam kenyamanan maupun keamanan penumpang. Misalnya pada standarisasi bus yang layak beroperasi maupun supir bus yang dapat mengendarai bus dengan baik sesuai dengan aturan, penumpang juga dapat memberikan aduan baik kritik maupun saran terkait layanan yang diberikan.
- Peningkatan fasilitas seperti wifi, musik, charger, ac, dsb guna membuat penumpang merasa nyaman/enjoy saat menaiki bus.
- Integrasi waktu atau jadwal keberangkatan bus yang harus sesuai dengan jadwal yang sudah titetapkan.
- Dikarenakan kini TIK sudah berkembang sangat pesat, baiknya juga dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kecanggihan pada transportasi umum agar masyarakat lebih terratik untuk menaiki bus dibanding kendaraan pribadi. Misalnya dengan menggunakan kartu pintar/kartu elektronik dalam pembayaran bus hal ini juga memberi kemudahan bagi penumpang baik segi efektifitas dan efisiensi. Penumpang dapat melakukan transaksi pembayaran hanya dengan menempel kartu pada alat yang sudah disediakan tanpa harus transaksi secara langsung dengan manusia.
- Jumlah penumpang yang menaiki bus harus sesuai dengan kapasitas bus (tidak desak-desakan), hal ini mendukung peningkatan pelayakanan baik kenyamanan dan juga keselamatan penumpang.
- Terus berinovasi, bisa dengan melihat atau mempelajari teknologi yang diterapkan pada trasnportasi umum di luar negri yang terkenal dengan kecanggihan transportasi umumnya seperti finlandia, korea, jepang, swiss, dsb yang membuat warganya bahkan enggan menaiki kendaraan pribadi.
- Pemberian rating dan penghargaan pada bus-bus sesuai dengan tingkat pelayanan dan fasilitasnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI