Mengatasi kendala membaca dan menulis pada siswa kelas rendah seperti kelas 1 dan 2 di Sekolah Dasar Negeri (SDN ) merupakan tantangan penting bagi seorang guru .Â
Kemampuan membaca dan menulis merupakan sesuatu yang paling mendasar dalam program pembelajaran lanjutan . Siswa yang mengalami kendala pada kedua kemampuan tersebut sering kali menghadapi kendala dalam memahami materi pelajaran lainnya. Oleh karena itu, guru harus menerapkan teknik yang tepat untuk membantu siswa mengatasi kendala tersebut sejak dini. Salah satu pendekatan yang berhasil adalah pendekatan individual dalam pembelajaran. Guru dapat melakukan  siswa yang memerlukan bantuan tambahan .Â
Dengan memberikan perhatian  melalui kelompok kecil , guru dapat berfokus pada kebutuhan khusus setiap siswa . Misalnya, guru dapat melakukan latihan membaca berulang dengan tulisan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa , serta memberikan masukan segera untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan pemahaman. Selain pendekatan individual , penggunaan media pembelajaran yang bersifat indrawi juga penting . Pemanfaatan gambar, buku cerita bergambar, dan alat bermain peran lainnya dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan cerdas . Media visual membantu siswa memahami kata-kata dengan objek nyata , sehingga memudahkan mereka untuk
memahami maknanya. Latihan membaca bersama dengan menggunakan buku cerita bergambar juga dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca , sehingga membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H