Media relation merupakan bagian penting dalam public relations.Media relation adalah suatu bentuk upaya perusahaan dalam menjalin hubungan yang baik dengan  media masa.Adapun kegiatannya termasuk pada pemberian informasi positif yang layak diberitakan atau diceritakan mengenai perusahaan.Dengan begitu akan menambah citra baik perusahaan dimata masyarakat luas.
Berikut ini beberapa peranan media relation dalam perusahaan:
1. Membangun Hubungan Baik dengan Media :
Relasi baik dengan media memiliki peran penting dalam keberlangsungan perusahaan. Ketika aktivitas ini dilakukan secara maksimal, maka media akan tertarik untuk datang meliput perusahaan. Terlebih karena media dan perusahaan sebenarnya saling membutuhkan satu sama lain sehingga penting untuk membangun hubungan baik sejak dini.
2. Â Meningkatkan Brand Awareness ;
Membangun relasi baik dengan media masa dapat membantu perusahaan didalam mengembangkan bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Khususnya dalam hal meningkatkan brand awareness melalui liputan atau pemberitaan yang positif di berbagai media terpercaya yang telah bekerjasama dengan perusahaan.
3. Menaikkan citra perusahaan :
Dengan adanya pemberitaan positif tentang perusahaan oleh media,maka masyarakat akan mengenal perusahaan dengan image yang positif pula.
4. Menaikkan kepercayaan terkait produk :
Sering adanya pemberitaan positif terkait akan menambah kepercayaan diri perusahaan didalam memperkenalkan produknya ke masyarakat luas.
5. Membantu Perusahaan Mengendalikan Krisis ;
Saat perusahaan mengalami krisis, relasi media akan membantu perusahaan dalam mengembalikan nama baiknya.
Berikut beberapa peranan penting bagi perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan media demi keberlangsungan perusahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H