Sebelum masuk ke 6 kata kunci PR,mari kita fahami dulu tentang definisi PR dan tugasnya.
Jadi yang dimaksud dengan PR yaitu suatu proses interaksi guna menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak yang mampu menanamkan pengertian serta menumbuhkan motivasi serta partisipasi publik.
Adapun Tujuan PR yaitu untuk menanamkan keinginan baik,kepercayaan,serta citra yang baik dari publik bagi perusahaan.
Nah,untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut dapat dicapai dengan memenuhi 6 kata kunci PR menurut L.Wilcox :
1. Sengaja : Tugas PR memang harus di sengaja
2. Terencana: Selain di sengaja, tugas PR juga harus terencana untuk mencapai citra yang baik
3. Kinerja : Tugas PR juga termasuk dalam mengukur kinerja perusahaan agar upaya membangun citra baik bisa terukur
4. Kepentingan Masyarakat: Tujuan PR menyangkut tentang bagaimana perusahaan bisa mendapat citra baik dari pihak eksternal termasuk masyarakat sekitar
5. Komunikasi Dua Arah : PR menghasilkan komunikasi dua arah antara perusahaan dan masyarakat.
6. Fungsi Manajemen : Komunikasi dua arah akan bisa dibangun dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H