Â
Pengertian Public Relations
Apa sih kira-kira kesan pertama yang tertanam ketika mendengar kata "public relations",ya pastinya senada dengan arti dari kedua kata itu sendiri tidak heran jika kita mengartikannya sebagai cara-cara tentang bagaimana kita membangun hubungan yang baik dengan orang lain.Namun pada kenyataannya arti "public relations" itu sendiri menurut para ahli yaitu sebagai berikut:
1. Suatu metode komunikasi untuk penciptaan citra positif dari mitra institusi atas dasar kesadaran untuk menghormati kepentingan bersama. (Sukandel (1990) dan Ardianto (II004)).
2. Public relation adalah komunikasi persuasive yang dirancang untuk mempengaruhi public secara signifikan. (John E.Marston)
3. Public relation adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya. (Crystallizing)
Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa public relations merupakan suatu usaha guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyakaratnya.
Tujuan, Manfaat,Fungsi PR
Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relations adalah sebagai berikut:
1. Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
2. Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.