Mohon tunggu...
Rizki Losari
Rizki Losari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya bermain badminton saya orang yang menyukai hal yang baru

Selanjutnya

Tutup

Politik

Gimmick Gemoy yang Telah Berhasil Menarik Perhatian Gen-Z

16 Desember 2023   13:35 Diperbarui: 16 Desember 2023   13:54 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam hitungan dua bulan lagi negara kita akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan umum (Pemilu) adalah salah satu bentuk pilar demokrasi yang penting guna memilih pemimpin yang akan merealisasikan kebutuhan masyarakat.

Dalam Pemilu, biasanya para pasangan calon akan melakukan kegiatan kampanye untuk meyakinkan pemilih dengan cara menyampaikan visi, misi, program, dan identitas dari pasangan calon itu sendiri agar pemilih mau memilih mereka. Kampanye dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satu caranya dengan penggunaan gimick.

Gimmick merupakan upaya untuk meraih perhatian masyarakat (pemilih) dengan cara yang tak biasa. Dalam konteks kampanye, gimmick dapat digunakan guna bertujuan melakukan pendekatan antara masyarakat dengan pasangan calon supaya lebih dikenal dan disukai oleh masyarakat. alasan lain mengapa dalam kampanye 2024 penggunaan gimick banyak dilakukan oleh para paslon karena massa kampanye yang pendek pada pemilu 2024 ini, Total massa kampanye yang diberikan oleh KPU kurang lebih sekitar 75 hari.

sedangkan pada pemilu 2019 lalu berlangsung selama kurang lebih 100hari, juga pada pemilu tahun ini persainganya sungguh ketat. dan hal yang menarik lainya yaitu tahun ini setengah pemilik suara di pegang oleh anak-anak muda dimana anak-anak muda ini berkembang dengan bersamanya kecanggihan teknologi informasi seperti media sosial. sehingga para pasangan calon banyak melakukan gimick kampanye ini melalui media sosial.

Salah satu paslon yang berhasil menargetkan dan memasarkan gimmicknya melalui media sosial maupun papan teklame pinggir jalan adalah Pasangan Calon Nomor Urut 2 yaitu Pasangan Calon Prabowo-Gibran, pasangan ini memasarkan gimmick Gemoy dan Berjoget. Entah mengapa Prabowo seketika pindah haluan menjadi seseorang yang ingin di kenal lucu dan menggemaskan padahal pada saat beliau mencalonkan dirinya pada Pilpres 2019 Beliau ini terkenal dengan Tegas dan Keras, Sekarang sangat jauh berbeda.

gemoy-657d4979c57afb41fd0429b2.jpeg
gemoy-657d4979c57afb41fd0429b2.jpeg

Bukti dari pemasaran gimmick Gemoy ini berhasil menarik hati sebagian pemilih muda ialah dari beberapa cuplikan video di media sosial yang ramai membicarakan poster prabowo yang lucu tersebut, dan bukti lainya terdapat di cuplikan podcast Dr. Richard Lee bersama Influencer Nita Vior beliau termasuk kategori generasi Z, Pada saat ditanya oleh Dr. Richard Lee "Capres Pilihan Lu Siapa Nih" jawab Vior dengan Clue yang dia berikan "yang Gemoy Gemoy" hal ini membuktikan gimmick yang dilakukan oleh bapak Prabowo Subianto telah berhasil menargetkan beberapa pemilih muda.

https://youtu.be/JDylmzpQwQE?si=cFRmVvyM7iRDnrzG
https://youtu.be/JDylmzpQwQE?si=cFRmVvyM7iRDnrzG

Bukti lain dari gimmick gemoy ini berhasil menarik hati pemilih muda ialah terdapat di media sosial Tiktok, pada cuplikan video pendek oleh content creator Tiktok @satrioutomoo_ yang menanyakan ke orang random mengenai pilih siapa pada saat Pilpres nanti, diantara teman-teman lainya dialah salah satu yang memilih bapak Prabowo Subianto karena Gimmick gemoynya.

https://vt.tiktok.com/ZSNbDkoqT/
https://vt.tiktok.com/ZSNbDkoqT/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun