Pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam dalam pembelajaran menulis aksara Jawa dengan menggunakan model problem based learning berbantu media kartu pintar aksara Jawa  dapat memecahkan permasalahan, dapat dilihat dari:
- Pemilihan model pembelajaran PBL membutuhkan siswa berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru.
- Pemilihan metode pembelajaran yang bervariatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dilihat dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.
- Penggunaan media kartu pintar aksara Jawa sangat membantu dan menarik perhatian peserta didik dalam menulis aksara Jawa dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik.
- Desain kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar.
Respon peserta didik tehadap kegiatan pembelajaran ini yaitu sangat senang dan terbantu, dapat dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa kegiatan pembelajaran berjalan sangat menyenangkan dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat membantu dan mudah dipahami oleh peserta didik dalam menulis aksara Jawa.Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penugasan guru terhadap model, metode, media dan Langkah-langkah pembelajaran pada modul ajar yang telah dibuat.
Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru yaitu, sebaiknya guru lebih kreatif, inovatif dan variatif dalam memilih model, metode dan media pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H