Mohon tunggu...
Rizki Amalia Anna Ilah
Rizki Amalia Anna Ilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Politeknik Negeri Banyuwangi

suka jalan-jalan dan suka anak kecil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Produk Baru "Yogurt Smooootihes Bowl"

19 Juni 2023   12:05 Diperbarui: 19 Juni 2023   12:15 1263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Persaingan usaha yang semakin ketat menuntut para pemilik usaha untuk selalu memiliki strategi agar usaha dapat bertahan dan terus berkembang dalam situasi tersebut. adanya teknologi dan strategi pemasaran yang tepat akan membuat produk dapat dikenal dan bertahan di kalangan masyarakat. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya dalam hal mengubah harga, memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, menentukan pilihan saluran distribusi, dan sebagainya. (Wibowo et al., 2015). Strategi pemasaran juga dibutuhkan untuk pengembangan produk serta inovasi produk.

Untuk jenis strategi yang digunakan dalam pemasaran produk yogurt smoothie yaitu : Marketing mix (bauran pemasaran) , strategi ini merupakan strategi kombinasi yang dilakukan oleh para produsen. Kebanyakan perusahaan melakukan strategi ini guna mencapai tujuan pemasarannya, apalagi dalam persaingan yang semakin ketat saat ini. Kombinasi yang terdapat dalam komponen pemasaran harus dilakukan secara terpadu. Artinya kegiatan ini dilakukan secara bersama diantara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri, setiap elemen tidak dapat berjalan sendiri-sendiri tanpa dukungan dari elemen yang lain. Elemen-elemen yang ada dalam marketing mix adalah product (produk), price (harga), place (lokasi), dan promotion (promosi). Oleh karena itu setiap elemen membutuhkan strategi tersendiri, namun akan tetap terkait dengan strategi elemen lainnya seperti (Kasmir, 2006:186-206):

  • Produk (product) ialah dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk yogurt smoothie bowl memiliki inovasi yang sangat unik dibandingkan dengan produk yogurt lainnya. Biasanya produk yogurt berupa minuman yang diberikan perisa, akan tetapi produk yogurt smoothie bowl yaitu produk inovasi dari yogurt yang ditambahkan dengan buah-buahan beku dan juga oat yang dikemas dengan menggunakan box.
  • Harga (price) ialah salah satu aspek terpenting dalam kegiatan marketing mix. Mengingat harga sangat menetukan laku tidaknya produk dan jasa perbankan. Untuk harga sendiri produk yogurt smoothie bowl memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga dapat dibeli oleh semua kalangan
  • Lokasi (place) ialah lokasi yang ditentukan bagi produsen. empat dalam marketing mix pada dasarnya adalah suatu bentuk saluran distribusi yang mengacu kepada lokasi suatu produk tersedia dan dapat dijual dan dibeli. Saluran distribusi dalam marketing mix meliputi kelengkapan produk, lokasi, persediaan, fasilitas penyimpanan, pengedaran dan transportasi. Untuk lokasi yang dipilih dalam pemasaran produk yogurt smoothie bowl yaitu dekat dengan kampus dan dan pasar rogojampi sehingga produk dapat dijangkau oleh masyarakat.
  • Promosi (promotion) ialah kegiatan marketing mix yang terakhir. Elemen ini berhubungan dengan setiap kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan awareness serta mengajak konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa. Promosi yang digunakan dalam pemasaran produk yogurt smoothie bowl yaitu internet marketing menggunakan media whatsapp dan instragram. Instagram adalah sebuah media sosial yang dampak besar dan penting pada penjualan suatu produk. Saat ini di Instagram Ini memiliki 700 juta pengguna  setiap hari Sekitar 60 juta gambar dibagikan dan dapat dibagikan 1,6 miliar suka. Instagram adalah program yang yang paling populer, berguna untuk berbagi foto dan video. Didalam promosi yang dilakukan dalam mempromosikan produk yogurt smoothie bowl menggunakan I tipe interaction. Interaction yang digunakan yaitu mengupload ke dalam feed ataupun instastory agar para followers dapat mengetahui informasi terbaru yang ada di dalam produk yogurt smoothie bowl. Untuk instragram yogurt smoothies bowl sendiri dapat diakses diinstragam dengan nama pt_milkywangi 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun