Mohon tunggu...
Rizki Indah Damaiyanti
Rizki Indah Damaiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif S1 Pendidikan Anak Usia Dini

Belajar sampai akhir hayat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini RA Barokah at-Tahdzib

21 Desember 2021   15:51 Diperbarui: 21 Desember 2021   15:59 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam reportase ini saya akan membahas tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran anak usia dini.

Menurut Suchman dalam buku “ Teknik Evaluasi Pembelajaran AUD ” (2018), memandan evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.

Evaluasi pembelajaran sendiri merupakan suatu proses untuk menentukan nilau atau capaian dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian atau pengukuran.

Tujuan dari evaluasi pembelajaran menurut Rujakat (2018), yaitu untuk menilai ketercapaian tujuan, mengukur aspek-aspek evaluasi, sarana untuk mengetahui potensi peserta didik, motivasi belajar bagi peserta didik, menyediakan informasi untuk bimbingan dan konseling dan menjadi dasar perubahan kurikulum.

Menurut Sudijono (2001), bentuk atau tekni evaluasi ada dua yaitu tes dan non tes. Di dalam teknik non tes terdapat beberapa jenis seperti observasi, questionnaire, dokumentasi, sosiometri dan lain sebagainya. Begitu juga tes ada beberapa jenis salah satunya pemberian tugas seperti quiz dan lain-lain.

Disini saya melakukan wawancara kepada salah satu guru RA Barokah at-Tahdzib yaitu Ustadzah Anis. Tujuan reportase ini khususnya untuk memenuhi tugas mata kuliah evaluasa anak usia dini, umumnya untuk mengetahui jenis evaluasi apa yang digunakan pada sekolah tersebut.

RA Barokah at-Tahdzib ini menggunakan teknik evaluasi tes maupun non tes dalam pelaksanaan evaluasi pembelajarannya. Dan jenis yang digunakan yaitu pemberian tugas, observasi, portofolio dan kunjungan rumah.

Pemberian tugas dilaksanakan di dalam kelas seperti pemberian soal-soal dan quiz kepada peserta didik. Observasi dilakukan ketika peserta didik melakukan kegiatan individu maupun kelompok. Guru mengamati setiap perkembangan anak mulai dari sosial emosional, kognitif, bahasa dan fisik motorik pada anak.

Di sekolah tersebut memiliki dua jenis rapor yaitu rapor khas barokah yang mencakup nilai agama seperti menghafal surah Al-quran dan baca tulis Al-quran. Dan rapor kurikulum pada umumnya yang mencakup 6 aspek perkembangan anak usia dini.

Selain itu ada program buku penghubung dan buku prestasi yang bertujuan untuk memberitahukan perkembangan anak setiap hari kepada orang tua. Buku penghubung berisi sikap dan perilaku anak selama disekolah, sedangkan buku prestasi berisikan tentang sejauh mana progress anak setiap hari dalam bidang keagamaan seperti menghafal surah Al-quran dan lain sebagainya.

Dalam satu bulan sekali sekolah tersebut melakukan kunjungan di rumah peserta didik untuk mengetahui perkembangan peserta didik di rumah dan sebagai konsultasi antara orang tua dengan guru mengenai perkembangan anak. Setiap pulang sekolah, orang tua selalu mendapat laporan perkembangan dari guru kelas terhadap perkembangan anaknya di dalam kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun