Mohon tunggu...
Ahmad Rizki
Ahmad Rizki Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi tentang Efikasi Diri dan Regulasi Emosi di SMP Negeri Satu Atap Batujaya

30 Juli 2024   13:17 Diperbarui: 31 Juli 2024   12:52 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pemaparan materi regulasi emosi

Pada tanggal 30 Juli 2o24, mahasiswa KKN dari Universitas Buana Perjuangan Karawang di desa Segarjaya, melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bertemakan "Efikasi Diri" dan "Regulasi Emosi" di SMP Negeri Satu Atap (SATAP) Batujaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya efikasi diri dan regulasi emosi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam lingkungan sekolah.

Siswa SMP berada pada fase perkembangan di mana mereka mulai membangun identitas diri dan mengeksplorasi berbagai aspek kehidupan. Pada tahap ini, pemahaman tentang efikasi diri sangat penting karena dapat memengaruhi cara mereka menghadapi tantangan akademik. Sementara itu, regulasi emosi yaitu kemampuan untuk mengelola dan mengendalikan emosi dengan baik, juga sangat penting bagi kesejahteraan mental dan sosial mereka. Kedua keterampilan ini tidak hanya mendukung prestasi akademik yang lebih baik tetapi juga membantu siswa dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih percaya diri.

Efikasi diri didefinisikan sebagai keyakinan individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan, merupakan aspek penting dalam pengembangan pribadi dan akademik siswa. Sementara itu, regulasi emosi adalah kemampuan untuk mengelola dan mengendalikan emosi dengan baik, juga sangat penting untuk kesejahteraan mental dan sosial mereka. Kedua keterampilan ini tidak hanya membantu siswa dalam mencapai prestasi akademik yang lebih baik, tetapi juga dalam menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih percaya diri.

pemaparan materi regulasi emosi
pemaparan materi regulasi emosi

pemaparan materi efikasi diri
pemaparan materi efikasi diri

Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan pemaparan materi tentang efikasi diri dan regulasi emosi oleh tim KKN kami. Presentasi dilakukan secara interaktif dengan menggunakan berbagai media pembelajaran seperti slide PPT, video pembelajaran, dan permainan edukatif, untuk memudahkan siswa memahami konsep-konsep tersebut dan mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari.

Untuk memperkuat pemahaman siswa, kami juga mengadakan sesi simulasi dan latihan praktis. Dalam sesi ini, siswa diajarkan teknik-teknik praktis untuk mengelola emosi, seperti menggambar pada totebag. Kami juga mengadakan simulasi situasi sehari-hari yang sering memicu stres atau emosi negatif, seperti menghadapi ujian atau konflik dengan teman. Melalui simulasi ini, siswa dapat mempraktikkan teknik-teknik yang telah dipelajari dan melihat secara langsung bagaimana cara mengatasi emosi mereka dengan lebih baik. Sementara itu, untuk kegiatan refleksi efikasi diri siswa diminta menulis di secarik kertas tentang harapan yang ingin di capai dan bagaimana cara mencapainya. Aktivitas ini dirancang untuk membantu siswa mengekspresikan diri dan memvisualisasikan tujuan yang ingin mereka capai, sehingga memperkuat keyakinan mereka pada kemampuan pribadi.

 menggambar di toothbag
 menggambar di toothbag

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan sesi refleksi dan evaluasi. Siswa diajak untuk merefleksikan pengalaman mereka selama kegiatan dan menuliskan hal-hal baru yang mereka pelajari. Kami juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan. Evaluasi ini sangat penting bagi kami untuk mengetahui sejauh mana materi yang disampaikan dapat dipahami dan diterapkan oleh siswa.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berharap siswa di SMP Negeri Satu Atap (SATAP) Batujaya dapat lebih memahami pentingnya efikasi diri dan regulasi emosi dalam kehidupan mereka. Dengan keterampilan ini, siswa diharapkan dapat menghadapi berbagai tantangan dengan lebih percaya diri, serta mencapai prestasi akademik dan personal yang lebih baik. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk berkontribusi positif dalam pengembangan diri siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik di sekolah. Selain itu, kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa untuk terus mengembangkan diri mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun