Mohon tunggu...
Rizka Ella Rahmadhani
Rizka Ella Rahmadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya prodi Administrasi Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjelajahi Dunia Pemasaran Produk Logam Mulia Selama Magang di PT. Pegadaian (Persero) UPC BG Junction Surabaya

12 Mei 2024   23:30 Diperbarui: 13 Mei 2024   13:54 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari di bangku kuliah dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Sebagai mahasiswa dengan minat di bidang pemasaran, saya berkesempatan untuk menjalani magang selama dua bulan di PT. Pegadaian UPC BG Junction Surabaya. Pada awal magang, saya diperkenalkan dengan berbagai produk dan layanan Pegadaian yang ditawarkan kepada masyarakat terutama produk logam mulia.

Berbagi jum'at berkah sekaligus canvassing/dok. pri
Berbagi jum'at berkah sekaligus canvassing/dok. pri

Selama kegiatan magang berlangsung, saya menemukan beberapa tantangan utama yang dihadapi dalam memasarkan logam mulia yaitu kesulitan dalam mengkomunikasikan manfaat investasi logam mulia kepada masyarakat yang kurang memiliki pemahaman tentang produk tersebut. Persaingan pasar yang ketat dari berbagai lembaga keuangan dan pedagang logam mulia lainnya serta fluktuasi harga logam mulia secara signifikan dalam jangka pendek dan panjang dapat mempengaruhi minat nasabah untuk membeli atau menjual logam mulia.

Pengajuan pembelian logam mulia 5 gram/dok. pri
Pengajuan pembelian logam mulia 5 gram/dok. pri

Disisi lain saya juga menemukan peluang yang menarik untuk mengatasi tantangan tersebut yaitu dengan meningkatkan edukasi dan sosialisasi tentang manfaat dan potensi investasi logam mulia yang dilakukan melalui canvassing kepada calon nasabah di sekitar outlet pegadaian. Dan memanfaatkan platform digital untuk menawarkan produk logam mulia secara online dengan memberikan informasi tentang harga dan tren pasar, serta membangun interaksi yang intens kepada nasabah.

Canvassing di sekitar outlet pegadaian/dok. pri
Canvassing di sekitar outlet pegadaian/dok. pri

Melalui pengalaman magang di PT. Pegadaian UPC BG Junction Surabaya, saya mendapatkan pemahaman terhadap berbagai dinamika dan kompleksitas dalam memasarkan produk logam mulia, khususnya di tengah kondisi ekonomi yang fluktuatif dan persaingan pasar yang ketat. Selain itu, saya juga memperoleh keterampilan komunikasi yang lebih baik, kepercayaan diri yang meningkat, dan belajar bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan bersama. Saya bersyukur dan berterimakasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh pihak pegadaian, pengalaman ini dapat membantu saya dalam mencapai tujuan karir saya dimasa depan.

Penulis : Rizka Ella Rahmadhani dan Drs. Agung Pujianto, M.M.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun