Salah satu kebutuhan manusia selain makan adalah mengonsumsi air. Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia dikarenakan komponen utama dalam tubuh manusia lebih dari 50%nya adalah air. Pada orang dewasa, disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8-9 gelas dalam sehari. Konsumsi air yang banyak itu diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak dehidrasi. Kebutuhan minum yang banyak dan harus dipenuhi menghadirkan gebrakan inovasi yaitu tempat minum yang unik, agar mampu mendorong tiap individu untuk bersemangat mengonsumsi air secara rutin. Tempat minum itu sendiri biasa disebut dengan botol minum atau tumblr bottle.
Biasanya masyarakat menggunakan botol minum yang ada saja tanpa melihat merek dan digunakan sebagaimana fungsinya. Dengan adanya perkembangan zaman yang makin pesat, menghadirkan banyak botol minum yang tidak hanya unik, namun stylish yang mendukung fashion pemakainya, seperti botol minum keluaran dari merek Corkcicle yang belakangan ini lewat di mana-mana, terutama di sosial media sehingga diburu oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia.
Apa itu Corkcicle?
Corkcicle adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam botol minuman dan perlengkapan makan, seperti lunchbox, coffee mug, glassware, coolers, dan lain-lain. Corkcicle didirikan oleh Ben Hewitt pada tahun 2011 atas dasar Ben Hewitt yang ingin mendinginkan anggur miliknya hingga suhu yang menurutnya layak dan enak untuk dikonsumsi, dikarenakan Ben Hewitt adalah penggemar berat wine. Ben Hewitt melakukan sebuah eksperimen dengan cara menempelkan sebuah gabus ke bagian atas botol dan eksperimen tersebut berhasil. Hingga pada akhirnya, Ben Hewitt menciptakan botol minuman yang memiliki insulasi suhu minuman yang ekslusif dengan teknologi muktahir pertama pada botol minum yaitu Corkcicle.
Corkcicle didesain di Orlando, Amerika Serikat, namun diproduksi di pabrik-pabrik yang ada di seluruh Republik Rakyat Cina dan dipasarkan ke seluruh negara.
Mengapa Corkcicle Viral?
Banyak masyarakat di media sosial yang beranggapan bahwa merek Corkcicle ini berbeda dengan botol minum yang lain karena memiliki keistimewaan sendiri seperti klaimnya yang dapat menahan suhu air dingin hingga 25 jam dan air panas selama 12 jam. Selain karena teknologi Corkcicle ini mumpuni, tampilan Corkcicle ini terbilang cantik, modern, dan modis dengan desain yang beragam dan tidak lekang oleh zaman, sehingga saat dibawa atau ditenteng oleh pemakainya akan terlihat stylish, mengikuti budaya yang sedang populer dan tidak merasa Fear of Missing Out (FOMO).
Botol minum ini dikatakan viral dan disebut sebagai budaya populer atau pop culture lantaran di awal November lalu Corkcicle menjadi sorotan di mana saja. Awal mula keviralannya bermula dari suatu unggahan milik Asti Candramaya yang kerap disapa Asti, seorang Digital Creator melalui akun TikToknya yaitu @c_asti yang memperkenalkan produk Corkcicle kepada khalayak di TikTok dengan gayanya yang menarik dan asyik. "This is Corkcicle, lo gabisa bilang ini botol minum ataupun tumblr. You have to say this is Corkcicle," ungkap Asti.
Asti enggan menyebut Corkcicle dengan sebutan botol minum atau botol tumblr, karena menurutnya Corkcicle ini berbeda dengan botol minum lainnya. Bahkan, Asti dinobatkan sebagai duta Corkcicle Indonesia di akun TikToknya karena unggahan video tersebut. Unggahan tersebut muncul di For Your Page (FYP) TikTok, kini videonya sudah tembus 4,3 Juta penonton dengan 335,8 ribu suka, bahkan sound milik Asti sudah digunakan sebanyak 1.369 video, yang menandakan bahwa banyak warga TikTok yang teracuni dan membeli produk Corkcicle ini.
Dalam video yang lain, Asti menjelaskan bahwa Corkcicle tidak hanya menang dari segi teknologi dan desain, tetapi juga dari segi keawetan atau ketahanannya. Hal tersebut menjadikan harga Corkcicle terbilang fantastis untuk sekelas botol minum. Dengan harga sekitar 500 ribu hingga 2 Juta Rupiah. Anak-anak muda rela menggocek uang yang terbilang banyak demi mengikuti trend penggunaan Corkcicle agar tidak ketinggalan trend ini, bahkan banyak dari mereka yang rela menunggu pre-order Corkcicle via jasa titip barang luar negeri seperti jasa titip barang-barang dari Singapura dikarenakan harga via jasa titip dari Singapura lebih murah daripada checkout langsung dari website resmi Corkcicle.
Ternyata tidak hanya anak muda yang mengincar produk Corkcicle, namun kalangan orang dewasa juga banyak. Bahkan, banyak pegawai kantoran yang memakai Corkcicle, seperti pegawai kantoran yang ada di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan. Pegawai SCBD terkenal dengan orang-orangnya yang mengikuti perkembangan zaman atau up to date, glamour, dan stylish. Sehingga tidak kaget jika banyak pegawai di SCBD yang menggunakan Corkcicle sebagai botol minumnya.