Mohon tunggu...
RIZA UMMAMI
RIZA UMMAMI Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Terkadang kita lupa, kalau kita begitu berharga

Yang tidak terdeskripsikan

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Baca Ini Ketika Sedang Bersantai

4 Oktober 2019   15:15 Diperbarui: 4 Oktober 2019   15:28 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

SEKETIKA MENJADI DEWASA

Ibu bilang, sekolah itu jembatan masa depan
Andai saja desaku memiliki jembatan
Pasti setiap pagi aku tak perlu menyebrangi derasnya sungai
Agar aku bisa lebih cepat menuju masa depan itu

Ibu bilang, sekolah itu tiang kehidupan
Andai saja sekolahku punya tiang
Pasti aku tak pernah khawatir dengan kondisi sekolahku
Agar aku bisa lebih serius dalam belajar


Tapi semua itu hanya bisa aku andaikan
Aku juga tak tahu kapan andaiku itu bisa menjadi kenyataan


Padahal negeri kami kaya
Gemah ripah loh jinawi katanya
Tenteram dan makmur
Tanah yang subur, katanya
Tapi sayang, itu hanya untaian kata
Yang tak terbukti nyata


Kadang sejenak aku berfikir
Untuk apa pendidikan itu ada?
Untuk apa sekolah itu ada?
Untuk apa sekolah dan pendidikan itu ada?
Untuk apa?

Jika pendidikan tak disertai dengan keikhlasan
Jika sekolah tidak dilengkapi dengan prasarana yang menunjang
Siapakah yang salah saat ini?
Apakah aku? Para guru? Pemerintah?
Atau siapa?
. . .
Sejenak aku berdiam diatas ketinggian
Menatap langit matahari senja
Yang perlahan meninggalkan langit biru di sudut kota
Jika aku tetap diam
Siapa yang akan mengurus negeri ini?
Jika aku mundur dan menyerah
Siapa yang akan menjadi estafet kepemimpinan di negeri ini
Jika aku terus menyalahkan keadaan
Siapa yang akan memperbaiki keadaan?
. . .
Akulah pemuda saat ini yang tengah berjuang
Melawan keadaan, melawan kemalasan
Melawan egoisme, melawan fanatisme
Melawan segala pemikiran kotor yang menodai jiwa
Bahwasanya, yang muda harus tetap berjuang
Untuk memperbaiki keadaan,
Memperbaiki pendidikan
Memperbaiki masa depan
Kibarkan semangatmu, Gelorakan Aksimu
Pemuda-pemudi Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun