Mohon tunggu...
Rizal Nurfaozi
Rizal Nurfaozi Mohon Tunggu... Lainnya - Sejauh mana kesadaranmu.. Sejauh itulah harapanmu..

Saya rizal nurfaozi saya lahir pada 22 November 1999 di Brebes, pendidikan saya SD di Banjaranyar 04 brebes, SMP Negeri 1 Brebes dan SMA Negeri 3 Brebes, dan saya sedang kuliah di UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perencanaan Program Ikatan Remaja Masjid Al-Markaz Al-Islamie Desa Limbangan Wetan, Brebes

18 November 2021   13:40 Diperbarui: 18 November 2021   13:58 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ide awal saya membentuk Ikatan Remaja Masjid disebabkan beberapa factor yang pertama, arus globalisasi yang sekarang teknologi semakin canggih membuat para remaja di Desa kaligangsa semakin surut untuk bersosialisasi dalam masyarakat. Kedua, di era sekarang perilaku menyimpang banyak ditemui dikalangan generasi muda, terutama di Desa Kaligangsa. Seperti tongkrongan tiap malam, dan dalam angka kriminalitas banyak minum-minuman keras, merokok, balap liar, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya merusak pandangan masyarakat desa lain.

Perilaku tersebut yang menjadikan saya berkumpul dengan pihak pengurus masjid, warga dan remaja di lingkungan setempat untuk mendiskusikan rencana membentuk Ikatan Remaja Masjid Al-Markaz dan dari pihak pengurus masjid sudah menyetujuinya.

Hasil perencanaan ini alkhamdulilah sudah berjalan sampai sekarang. Walapun masih banyak kendala yang menghampiri seperti keadaan sekarang covid-19 jadi untuk mengumpulkan remaja-remaja di lingkungan sekitar masjid Al-Markaz  lumayan susah. akan tetapi saya tidak sendirian dalam mengajak remaja di sekitar masjid Al-Markaz, saya dibantu dan di dorong oleh teman-teman saya.

Dan untuk kegiatan dari Ikatan Remaja Masjid Al-Markaz seperti melakukan kegiatan rutinan setiap malam senin, untuk malam jum'at di isi kegiatan ngaji kitab bersama warga lingkungan masjid Al-Markaz, mengadakan acara besar seperti Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Alkhamdulillah acara ini sudah di laksanakan pada tanggal 24 Oktober 2021 dan berjalan dengan lancar. 1 (satu) bulan sekali melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan masjid, bukan hanya itu saja, kegiatan olahraga pun sedang berjalan seperti, jogging pagi bersama remaja masjid, sepedaan dll.

Kegiatan di atas juga dihadiri oleh remaja yang gemar minum-minuman keras, merokok, balap liar, dan lain sebagainya. Walaupun perilaku tersebut belum menghilang, akan tetapi dengan ke ikut sertaan dalam Ikatan Remaja Masjid, insya allah perilaku yang menyimpang tadi sudah tertutupi dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Remaja Masjid Al-Markaz. Dan perlu anda ingat, bahwa ini pengalaman pertama saya menjadi ketua dalam Organisasi Remaja Masjid Al-Markaz.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun