Mohon tunggu...
Rizal Mutaqin
Rizal Mutaqin Mohon Tunggu... Tentara - Bhumi Literasi Anak Bangsa

Semua Orang Akan Mati Kecuali Karyanya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Pengalaman Melaksanakan Ujian Seminar Proposal di Universitas Gadjah Mada

2 November 2023   20:15 Diperbarui: 2 November 2023   20:19 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seminar Proposal, atau yang biasa disingkat Sempro, merupakan salah satu tahap penting dalam proses akademik di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sempro merupakan ujian yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mempertahankan proposal penelitian yang akan mereka jalankan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan program studi mereka. Pengalaman saya dalam melaksanakan ujian Sempro di UGM adalah momen yang menegangkan namun penuh dengan pembelajaran yang berharga.

Sebagai mahasiswa UGM, saya memasuki tahap Sempro dengan campuran perasaan gugup dan antusias. Sebelum memasuki ruang ujian, saya telah melakukan persiapan yang matang. Saya mempelajari secara mendalam topik penelitian saya, melakukan tinjauan literatur yang komprehensif, dan merancang proposal yang solid. Namun, walaupun saya telah mempersiapkan diri sebaik mungkin, perasaan tegang tidak dapat dihindari.

Saat tiba di ruang ujian, saya disambut oleh dosen penguji yang merupakan pakar di bidang ilmu yang relevan dengan topik penelitian saya. Beliau terlihat serius namun ramah, yang sedikit meredakan kecemasan saya. Proses ujian dimulai dengan presentasi proposal penelitian yang saya lakukan di depan dosen penguji dan rekan mahasiswa lainnya.

Presentasi merupakan bagian paling menegangkan dari ujian Sempro. Saya berusaha menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang topik penelitian saya, menjelaskan tujuan, metodologi, dan relevansi penelitian dengan jelas. Selama presentasi, saya juga harus siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji. Beberapa pertanyaan tersebut cukup menantang dan memerlukan pemikiran yang cepat dan tajam. Meskipun adrenalin berpacu, saya berusaha tenang dan menjawab dengan sebaik mungkin.

Setelah presentasi selesai, sesi tanya jawab dimulai. Dosen penguji mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih mendalam terkait dengan penelitian saya. Beliau mengevaluasi pemahaman saya tentang topik, analisis yang telah dilakukan, dan relevansi penelitian dengan bidang ilmu terkait. Sesekali, saya merasa terjebak dalam beberapa pertanyaan yang sulit, tetapi saya mencoba untuk tetap tenang dan berpikir secara rasional.

Setelah sesi tanya jawab selesai, saya diberikan umpan balik konstruktif oleh dosen penguji. Beliau memberikan penilaian terhadap proposal penelitian saya, mencatat kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki. Meskipun ada beberapa kritik dan saran yang disampaikan, umpan balik tersebut sangat berharga bagi saya karena membantu saya untuk memperbaiki proposal penelitian saya menjadi lebih baik.

Momen penutupan Sempro adalah saat pengumuman hasil ujian. Rasanya seperti detik-detik yang tak berujung sebelum akhirnya nama saya dipanggil dan dinyatakan lulus. Rasa lega dan bahagia memenuhi hati saya. Semua usaha keras dan persiapan yang telah saya lakukan terbayar dengan baik. Namun, saya juga menyadari bahwa Sempro hanyalah tahap awal dalam perjalanan penelitian saya, dan masih banyak tantangan yang harus dihadapi di masa depan.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Melalui pengalaman Sempro di UGM, saya belajar tentang pentingnya persiapan yang matang, komunikasi yang efektif, dan kepercayaan diri dalam menyampaikan ide-ide penelitian. Saya juga menyadari bahwa ujian Sempro tidak hanya tentang menguasai materi penelitian, tetapi juga tentang kemampuan berpikir kritis dan responsif terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pengalaman ini tidak hanya membantu saya dalam pengembangan akademik, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan interpersonal dan kepercayaan diri saya.    

Secara keseluruhan, pengalaman melaksanakan ujian Sempro di UGM adalah momen yang penuh tekanan namun sangat berharga. Saya percaya bahwa pengalaman ini telah membantu saya tumbuh dan berkembang sebagai mahasiswa yang lebih baik. Dengan didukung oleh dosen-dosen yang kompeten dan lingkungan akademik yang stimulatif di UGM, saya merasa sangat beruntung dapat menghadapi dan mengatasi tantangan Sempro dengan sukses.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun