Mohon tunggu...
Rizal Mutaqin
Rizal Mutaqin Mohon Tunggu... Tentara - Bhumi Literasi Anak Bangsa

Semua Orang Akan Mati Kecuali Karyanya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Belajar yang Menginspirasi di Mata Kuliah Kebijakan Intelijen dan Keamanan Nasional

1 November 2023   10:47 Diperbarui: 1 November 2023   11:54 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kuliah Daring Dengan Prof. Amarulla Octavian (Dok. pribadi)

Saat ini saya ingin berbicara tentang pengalaman kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sungguh berkesan. Selama saya berkuliah di UGM, saya mengambil Mata Kuliah Kebijakan Intelijen dan Keamanan Nasional yang diampu oleh seorang pakar di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., ASEAN Eng., yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI).

Mata kuliah ini menawarkan perspektif yang berbeda dalam memahami kebijakan intelijen dan keamanan nasional. Saya mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat dari dosen yang sangat ahli dan berpengalaman di bidangnya. Prof. Amarulla Octavian sangat fasih dan menguasai materi yang diajarkannya sehingga mampu menginspirasi para mahasiswa untuk belajar dengan lebih rajin dan mengembangkan minat di bidang intelijen dan keamanan nasional.

Beliau juga memberikan banyak contoh kasus nyata dalam kuliah yang memungkinkan mahasiswa untuk memahami konsep dan teori dengan lebih baik. Selain itu, beliau juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berdiskusi dan berdebat tentang topik-topik yang relevan, sehingga membantu mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka.

Saya merasa sangat beruntung dapat mempelajari mata kuliah ini di UGM dengan pengampu seperti Prof. Amarulla Octavian. Pengalaman ini telah membuka mata saya pada isu-isu penting dalam bidang kebijakan intelijen dan keamanan nasional yang tidak hanya berguna dalam karir saya di masa depan, tetapi juga sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

Dalam kesimpulannya, saya merasa sangat senang dan bangga bisa menjadi mahasiswa di UGM dan mengambil mata kuliah yang dipimpin oleh seorang pakar seperti Prof. Amarulla Octavian. Saya yakin bahwa pengalaman ini akan sangat berharga bagi karir saya di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun