Mohon tunggu...
Mukhammad Rizal
Mukhammad Rizal Mohon Tunggu... -

Indikasi Geografis Jepara yang dibangun atas dasar filosofi membangun kesadaran produsen dan konsumen mebel ukir Jepara dalam kesetaraan kepentingan yang saling menguntungkan dengan mengedepankan etika bisnis dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan nilai tambah dari seluruh rantai nilai produksi mebel Jepara.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Positioning Jepara Sebagai Pusat Kerajinan Ukir | IG Jepara

30 April 2011   03:10 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:14 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

IGJEPARA.COM, Jepara- Industri mebel Jepara merupakan tumpuan utama ekonomi bagi sebagian besar masyarakat Jepara. Ciri khas ukiran yang terdapat pada setiap produk mebelnya membuat Jepara dikenal diseluruh nusantara dan bahkan dunia mancanegara.

Selain itu, Jepara juga terkenal sebagai salah satu daerah pemproduksi mebel baik ukir maupun mebel minimalis yang terbesar di Indonesia. Hal itu juga didukung oleh faktor tenaga perajin di Jepara yang sangat lihai dalam menciptakan produk mebel berkualitas.
Dalam mengahdapi perdagangan global di era modern ini, brand Jepara sangat diperlukan untuk menjadikan produk mebel ukir Jepara bisa tetap eksis di pasar internasional. Untuk itu, Pemerintah kab. Jepara bersama pelaku bisnis mebel telah melakukan berbagai promosi dengan mengikuti pameran, baik lokal maupun internasional dan juga promosi di internet melalui website Jepara Indikasi Produk Mebel Ukir Jepara di www.igjepara.com.
Para produsen mebel di Jepara juga sudah melakukan inovasi produk dengan menciptakan alternatif kayu jati yan semakin langka. Demikian pula halnya dengan desain produk, selain mempertahankan desain mebel yang klasik, para produsen juga mulai memasuki model kotemporer. Itu semua dilakukan untuk mendukung merek Jepara sebagai kerajinan ukir.

Hal lain yang harus diperhatikan oleh pelaku industri mebel Jepara adalah masuknya pesaing dari negara lain seperti China yang dikenal memiliki produk mebel dengan harga yang lebih murah. Tantangannya yang harus dihadapi adalah bagaimana Jepara bisa mempertahankan mereknya ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat.

Berdasarkan Positioning Jepara sebagai pusat kerajinan ukir dan brad Jepara diatas, kalau Jepara bisa mempertahankan masing masing elemen dari inti strategi pemasaran tersebut, niscahya Jepara mampu memenangi persaingan.

(IGJEPARA.COM/ April 30, 2011)

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun