*dikutip dari situs resmi kami: http://riza.web.id/
Bisnis kuliner sekarang ini tidak lepas dari ramainya persaingan layanan "PESAN ANTAR". Mereka berlomba-lomba memberikan layanan terbaik, bahkan sampai ada yang memberikan "bonus" untuk pelanggan yang dirugikan oleh kelalaian pemberi layanan. Sebenarnya, hal ini tidak hanya berlaku di bisnis kuliner, sekarang ini banyak bidang bisnis yang sudah memerlukan layanan pesan antar, misalnya bisnis percetakan, bisnis mebel, bisnis pakaian, aksesoris, bisnis jahitan, jasa desain, bahkan bisnis otomotif.
Tapi kalau kita cermati, banyak yang berhasil dan tidak sedikit pula yang masih kesulitan menembus pasar. Berikut beberapa faktor penting dalam bisnis pesan antar menurut pantauan kami:
1. Nama anda / nama organisasi anda harus sangat jelas, sehingga menimbulkan kepercayaan pelanggan.
2. Alamat anda harus jelas dan legal, sehingga orang merasa yakin dan aman berurusan dengan anda.
3. Anda sebaiknya menyediakan jalur komunikasi sebanyak mungkin misalnya, nomor telepon genggam, nomor telepon kantor / rumah, alamat email, alamat messenger, alamat situs jaringan sosial anda, dan sebagainya.
4. Jalur komunikasi anda harus "RELIABLE", artinya harus terjangkau dan tersambung jika calon pelanggan dan pelanggan mencoba menghubungi anda, atau resikonya anda akan kehilangan order pertama dan potensi order-order berikutnya.
5. Ketepatan waktu pengiriman menjadi sangat penting, terutama di bisnis kuliner, karena orang lapar sangat sulit menunggu. Kalau tidak percaya coba saja anda dalam posisi lapar datang ke restoran yang pelayanannya lama, pasti anda sangat jengkel.
6. dan masih banyak lagi...
Semoga berguna.....
*buat kawan2 yang butuh inspirasi usaha kecil, kunjungi:
http://riza.web.id/
Terima kasih.
salam hangat,
-riza-
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H