Mohon tunggu...
Riza Fasya Juliana
Riza Fasya Juliana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru untuk merubah ekosistem pendidikan sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

6 Mei 2024   18:23 Diperbarui: 6 Mei 2024   18:42 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum Wr.Wb, Bapa/Ibu Guru hebat perkenalkan nama saya Riza Fasya Juliana, S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari SMP Negeri 1 Cikijing Kab. Majalengka Prov. Jawa Barat. 

Pada kesempatan Kali ini saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Jurnal ini sebagai refleksi diri yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali dalam mengikuti kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 di Kab. Majalengka.

Dalam menulis refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings dan Future) metode ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran Dan Penerapan.

1. Facts (Peristiwa)

Pada Modul 1.3 saya mempelajari materi berkaitan tentang Visi Guru Penggerak. Dalam dua minggu ini ada beberapa materi yang saya pelajari di LMS sesuai alur MERDEKA, diantaranya:

Mulai Dari Diri yaitu saya membuat gambaran imajiku tentang murid di masa depan mengenai murid yang saya dambakan dalam 5-10 tahun mendatang. Tugas ini saya apload di LMS dan akun youtube saya pada link : https://youtu.be/2_WiDk1QJl4?si=pi2jRxj5wn0mLi8V   

Eksplorasi Konsep yaitu saya mempelajari materi tentang berpikir strategis, inkuiri apresiatif sebagai paradigma, inkuiri apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (BAGJA), tahapan BAGJA, proses inkuiri dalam BAGJA, dan amati-tiru-modifikasi. Kemudian saya mengerjakan tugas untuk mengaplikasikan BAGJA ke dalam konteks pengalaman pribadi menggunakan kanvas BAGJA. Tugas ini dapat di akses pada link.

Kemudian saya melakukan diskusi asinkron tentang berbagi visi murid impian dan berbagi tugas kesimpulan tetang inkuiri apresiatif

Eksplorasi Konsep yaitu pada sesi forum diskusi ini, saya menuangkan visi saya dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi, setelah itu saya memberikan umpan balik dan komentar terhadap tulisan 2 orang CGP teman saya

Ruang Kolaborasi Modul 1.3 – Pernyataan prakarsa perubahan yaitu pada bagian ini saya dan teman kelompok saya di pimpin oleh Ibu Fasilitator dan Pengajar Praktik berdiskusi tentang visi, pernyataan prakarsa perubahan dan rencana BAGJA dengan menggunakan kanvas BAGJA.

Ruang Kolaborasi Modul 1.3 - Presentasi yaitu Saya dan anggota kelompok mempersentasikan hasil diskusi pada Rukol diskusi mandiri. Tugas ini saya unggah di LMS dan di Google Drive pada link : https://drive.google.com/file/d/1kO2TEVJpFCjX738dV5htm2ICUQMfUxDa/view?usp=drivesdk 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun