Ketika kita membeli sesuatu, muncul dalam pikiran kita apakah yang dibeli ini bermanfaat atau tidak. Entah itu bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup atau memenuhi prestise. Mungkin sebagian dari kita tidak membeli produk Apple karena harganya cukup tinggi untuk sebuah gadget, namun ada yang membelinya karena dapat melihat manfaat yang diberikan dari produk itu, baik manfaat secara materi maupun psikis.
Sebagai pemilik usaha, atau yang ingin menjadi pengusaha, ketika memutuskan untuk pembuatan atau pengembangan produk / jasa pastikan Anda tau kenapa mereka harus membelinya. Kalau kita hanya mengikuti trend tanpa tau kenapa mereka harus membeli dari Anda maka perkembangan bisnis tidak terlalu signifikan.
Persaingan saat ini sungguh ketat, setiap orang dapat membuat atau menjual produk yang sama, jika belum menemukan sebuah alasan kenapa mereka harus membeli produk Anda maka persaingan akan begitu terasa beratnya. Alasan itu dapat Anda gali melalui kualitas produk, manfaat yang dihasilkan, atau layanan after sales yang berbeda dari yang lain.
Misalkan Anda menjual pakian muslim, maka Anda akan bersaing dengan anak anak mahasiswa, ibu rumah tangga, atau industri pakaian yang sudah berpengalaman. Maka temukan alasan kenapa produk itu harus dibeli dari Anda. Mungkin dengan layanan after sales-nya yang bergaransi, diberi merek sendiri dan mengendors orang terkenal sehingga memancing minat fans orang tersebut, atau apapun yang itu memiliki alasan untuk orang mau membeli produk/jasa Anda.
Temukanlah sebuah alasan kenapa produk Anda harus dibeli? Apa manfaatnya fisik maupun emosional bagi mereka.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI