Dalam berkomunikasi manusia menjadi subjek terjadinya komunikasi. Di dalam komunikasi tentu terdapat media yang berfungsi sebagai alat baik untuk menyampaikan maupun menguji keaslian informasinya.
Komputer sebagai media dalam komunikasi tentu sangat berguna dalam komunikasi yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih perangkat elektronik. Komunikasi yang terjadi melalui format media komputer ini dapat berupa pesan instan, email, chat room, online forum, social network service.Â
Hal ini juga dapat diaplikasikan ke dalam bentuk media interaksi berbasis teks lainnya seperti pesan teks.
 Penelitian pada CMC sebagian besar berfokus pada efek sosial dari berbagai jenis komunikasi yang menggunakan media teknologi komputer. Banyak studi terbaru kini telah melibatkan jejaring sosial berbasis internet yang didukung oleh perangkat lunak sosial.Â
Ahli-ahli dari berbagai bidang juga banyak yang mempelajari fenomena yang berada di bawah payung komputer sebagai media komunikasi ini. Sebagai contohnya, banyak yang mengambil pendekatan psikologi sosial untuk memahami komunikasi bermedia komputer dengan memeriksa bagaimana manusia menggunakan "komputer" (atau media digital) untuk mengelola interaksi antar manusia, membentuk kesan, dan membentuk serta mempertahankan hubungan.
Studi-studi biasanya lebih fokus pada kajian mengenai bagaimana perbedaan antara interaksi online dan offline, meskipun kini penelitian kontemporer sudah mulai bergerak menuju pandangan bahwa komunikasi bermedia komputer harus dipelajari sebagaimana implementasinya di dalam kehidupan sehari-hari.Â
Cabang penelitian lain dari komputer sebagai media dalam komunikasi adalah meneliti mengenai penggunaan fitur-fitur vokalik seperti emoticon, aturan praktis seperti berbicara bergantian dan analisis sekuensial serta organisasi bicara, dan berbagai sosiolek, gaya, set terminologi spesifik untuk lingkungan ini.Â
Studi bahasa dalam konteks ini biasanya didasarkan pada bentuk komunikasi bermedia komputer berbasis teks, dan kadang-kadang disebut sebagai "analisis wacana media komputer".
Dalam lingkungan professional, sosial, dan pendidikan cara manusia berkomunikasi tidak hanya bergantung pada lingkungan saja, tetapi juga pada metode komunikasi dimana komunikasi tersebut terjadi, yang dalam hal ini adalah melalui komputer.
Studi komunikasi yang diperuntukkan guna mencapai kerjasama produk kerja yang umum disebut "computer supported collaboration" yang berarti pembelajaran kolaboratif dengan dukungan komputer dan hanya mencakup beberapa hal dari bentuk-bentuk lain penelitian komputer sebagai media dalam komunikasi.