Mohon tunggu...
Indriyani
Indriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Lakukan dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Penugasan Membuat Diorama

5 Desember 2023   16:52 Diperbarui: 5 Desember 2023   16:59 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media pembelajaran diorama untuk metode penugasan Input sumber gambar. dokumentasi pribadi

Pada proses pembelajaran guru dihadapkan pada berbagai problem diantaranya siswa kurang tertarik pada IPA. Pada mata pelajaran IPA materi perkembangbiakan hewan siswa mengalami kesulitan untuk mengingat istilah dan jenis hewan baru. Pembelajaran yang bermakna dapat menjadi solusi siswa akan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan akan memberikan kesan yang mendalam pada siswa sehingga siswa akan mudah dalam mengingat materi. Media diorama  https://drive.google.com/file/d/1ybyf_pjV9JSBSBgDaFrztkcjyGE8sTJn/view

Inovasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi perkembangbiakan perlu dilaksanakan agar proses pembelajaran semakin baik dan hasil belajar siswa akan meningkat. 

Tujuan dari penggunaan metode penugasan membuat diorama adalah untuk memberikan pembelajaran yang bermakna sehingga siswa memiliki kesan yang mendalah pada materi dan akan mudah dalam mengingat materi. Adapun kelebihan dari media diorama menurut erdapat beberapa kelebihan media diorama, antara lain: 1) mampu menggambarkan objek sesuai dengan keadaan nyata, 2) dapat digunakan berulang kali, tidak hanya sekali pemakaian, 3) bahan yang diperlukan untuk membuat media diorama mudah didapatkan, 4) mampu  menampilkan detail dalam kondisi yang sulit terlihat, dan (5) penggunaan media diorama dapat memicu minat dan motivasi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik.

Selain memiliki kelebihan penugasan membuta media diorama juga memiliki kekurangan yaitu: 1) Diorama adalah hal baru bagi siswa sehingga siswa, 2) memerlukan waktu yang lama untuk siswa membuatnya, 3) memerlukan banyak biyaya. Dari kekurangan atau kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan penugasan membuat media diorama guru membuat mitigasi untuk mengatasinya yaitu: 1) guru membuatkan satu contoh diorama untuk memberika gamabran projek yang akan dibuat, 2) guru menyediakan aset dasar beberapa gambar dan alas membuat diorama sehingga siswa dapat merancang diorama dengan maksimal, 3) menggunakan bahan yang ada disekitar lingkungan dapat menghemat dilakukan untuk menghemat biyaya.

adapun rencana pelaksanaan pembelajaran dapat dipat di lihat pada link berikut: https://drive.google.com/file/d/1ggKduuUP3IGCT54oWnn4UGYexcCeobdN/view, berikut adalah rangkaian pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode penugasan membuat diorama 

Proses pembuatann diorama: Anak-anak antusias dan melaksanakan kegiatan dengan baik. dokumentasi pribadi
Proses pembuatann diorama: Anak-anak antusias dan melaksanakan kegiatan dengan baik. dokumentasi pribadi
Peresentasi: Pemaparan hasil penugasan. Dokumentasi pribadi
Peresentasi: Pemaparan hasil penugasan. Dokumentasi pribadi
https://www.youtube.com/watch?v=ySl7vQlXKks

Pembelajaran bermakna dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui pengalaman yang berkesan pada siswa, penugasan yang tepat juga akan membuat siswa lebih bersemangat dan aktif dalam menyelesaikan tugas, serta dapat meningkatkan kretifitas siswa. Keberhasilan dari penerapan pembelajaran bermakna dengan projek membuat diorama dapat dilihan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.

Sumber: Sarif Sujono Mahasiswa PPGDALJAB 2023 UMP

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun