Mohon tunggu...
RIYADUL ZINAN
RIYADUL ZINAN Mohon Tunggu... wiraswasta -

Hidupmu nalurimu !!!

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Senangnya Bermitra Usaha dengan JNE

12 November 2014   07:51 Diperbarui: 4 April 2017   17:52 3043
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya menjadi mitra usaha JNE. Perkenalkan saya Riyadul Zinan Pemilik dari JNE Agen Pontang yang berada di daerah Kab. Serang Banten. Sebelum menjadi mitra usaha JNE, saya seorang pedagang online shop. Dalam dunia online shop, salah satu bagian terpenting adalah ekspedisi. Tidak mungkin kan kita mengantar sendiri satu persatu paket tersebut ke tempat customer, oleh karenanya proses pengiriman paket dari seller ke buyer sangat mengandalkan hal yang satu ini.

Dilihat dari usianya yang saat ini sudah 24 tahun JNE melayani, tentunya ekspedisi ini merupakan salah satu yang paling diandalkan oleh hampir semua online shop. Dalam hal ini saya selaku pedagang online shop saya pun mengandalkan jasa JNE dibanding ekspedisi yang lain, karena kita bisa mengetahui ongkos kirim dan pelacakan/tracking no. resi melalui websitenya. Selain itu outletnya juga tersebar luas di berbagai penjuru kota sehingga mempermudah dalam proses pengiriman paket.

Seringnya mengirim dan menerima paket/barang, kadang pengiriman barang ini cukup merepotkan. Harus mondar mandir ke agen pengiriman padahal saya sering ada kesibukan lain. Sehingga terlintas dipikiran saya, kenapa tidak buka usaha pengiriman barang sendiri? kan lumayan dari pengiriman barang yang kita lakukan dapat mengurangi biaya operasional, tinggal cari lebih sedikit untuk mendapat profit. Karena saya merasa cocok dengan JNE, akhirnya kuputuskan untuk bekerja sama dengan JNE. Demi mewujudkan keinginan itu, saya menemui kepala cabang JNE Cilegon yang bernama Bapak Ulfi untuk mengajukan kerjasama menjadi Agen JNE di daerah saya. Beliau menjelaskan persyaratan dan tata cara menjadi agen. Setelah melalui tahapan-tahapan seperti survei lokasi dan melengkapi seluruh persyaratan-persyaratannya, Alhamdulillah pengajuan saya disetujui karena kebetulan di daerah saya belum ada agen JNE sehingga sekaligus lebih memperluas jangkauan JNE.

Pertama kali saya di training, saya diajarkan strategi promosi dan pemasaran dengan tujuan untuk menarik pelanggan seperti membuat spanduk dan neon box, menyebarkan brosur dan kartu nama di kantor-kantor instansi pemerintahan, sekolah-sekolah, sampai dengan  melalui media sosial Facebook dan twitter pun sudah saya lakukan. Disamping itu juga dibantu oleh kurir yang menginformasikan ke pelanggan bahwa di daerah Pontang sudah ada Agen JNE. Yah… Namanya juga baru dibuka jadi harus gencar melakukan sosialisasi dan promosi supaya diketahui oleh masyarakat.

Kurang lebih 6 bulan berjalan omset yang saya dapat masih sedikit. Dalam pertemuan seluruh Agen JNE Cabang Cilegon Pak Ulfi menjelaskan agar Agen harus aktif melakukan pemasaran dan memberikan layanan jemput paket/kiriman ke tempat konsumen. “Pelanggan kan butuh kepuasan”, katanya.

Dengan layanan jemput kiriman ini Pelanggan tinggal telpon dan tidak perlu buang waktu, buang biaya ongkos perjalanan menuju outlet, karena saya yang akan datang ke rumah pelanggan dan melakukan proses pengiriman. Berkat layanan ini, saat ini saya baru memiliki 7 pelanggan tetap, semoga ke depannya bisa lebih meningkat lagi. Amien.

Selama menjadi Agen JNE pastinya ada pengalaman manis dan pahitnya dalam melayani customer. Manisnya saya mendapatkan penghasilan tambahan, dan pahitnya diomelin dan dimarah-marahin sama customer yang merasa tidak puas. Rasanya sakitnya tuh disini (tepuk-tepuk dada). Berkat karyawan JNE yang responsif dalam melayani komplain para customer, untunglah tidak ada kendala yang berarti. Satu kali pernah terjadi paket tidak sampai. Itupun karena kesalahan penerima yang ternyata sudah pindah rumah dan nomor HP-nya susah dihubungi, sehingga paket dikembalikan ke kota asal pengiriman. Setelah konfirmasi ke pengirim dan pengirim meminta alamat baru si penerima, Akhirnya paket tersebut bisa dikirimkan kembali tanpa ada biaya tambahan.

Sudah hampir 2 tahun saya menjadi mitra usaha JNE dan sudah 24 Tahun JNE melayani. Saya berdo’a semoga di hari-hari selanjutnya tidak ada kendala yang berarti dalam setiap pengiriman paket, dan seluruh paket yang dikirimkan dapat sampai dengan selamat ke tangan customer. Semoga pelayanan JNE menjadi semakin baik lagi, semakin responsif, sopan, ramah dan cekatan. Melayani berjuta-juta pelanggan itu bukan hal yang mudah, tentu saja akan ada pihak yang merasa tidak puas. Mudah-mudahan menjadi masukan dan perbaikan untuk kedepannya.

Terima kasih buat JNE yang telah menjadi mitra usaha saya, menjadi perantara dalam mengantarkan paket-paket customer. Apalagi jika mengingat kurirnya yang blusukan door to door mencari satu persatu alamat bahkan ke lokasi yang terpencil sekalipun untuk mengantarkan paket tiap harinya. Tidak perduli hujan angin mereka hadapi berusaha sebaik-baiknya mengantarkan amanah yang dibawanya. Semoga menjadi berkah kebaikan bagi mereka. Amiiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun