Jika dilihat dari perkembangan awal kehadiran televisi memang telah mengubah pola hidup banyak warga Indonesia bahkan dunia. Televisi bukan lagi sebuah benda mati yang hadir di banyak ruang keluarga, tetapi sudah menjadi media penting dalam proses perkembangan hidup manusia. Sebagai media penyampai pesan, memang televisi menjadi sangat efektif dan efisien dibanding media lainnya.Â
Hal itu disebabkan penggunaan media tersebut  menjangkau banyak kalangan di seluruh pelosok dunia, termasuk di Indonesia. Hampir semua wilayah di dunia pasti dapat menangkap siaran televisi, sehingga tidak ada satu daerahpun yang terbebas dari pengaruh televisi. Termasuk di Indonesia, nyaris dari Sabang sampai Merauke terjangkau berbagai siaran televisi yang memenuhi frekuensi udara di Indonesia.Â
 Tentu saja, tingginya konsumsi penggunaan media televisi dalam kehidupan masyaratkan, pada akhirnya menyebabkan banyak pihak ingin terjun ke industri ini, termasuk di Indonesia.seperti saat ini banyaknya stasiun televisi ini menyebabkan persaingan ketat juga mewarnai bisnis di dunia pertelevisian.Â
Semua stasiun televisi berusaha untuk menarik khalayak umum sebanyak-banyaknya untuk mau menonton program-program mereka. Fenomena ketatnya persaingan antar stasiun televisi yang menyebabkan pemilik atau pengelola stasiun televisi harus memutar otak untuk mendapatkan khalayak  sebanyak-banyaknya seharusnya menjadi sebuah sisi yang positif, karena pada akhirnya penontonlah yang akan memilih mana program yang baik dan yang ingin mereka tonton.Â
Bagi sebuah stasiun televisi upaya untuk menarik jumlah penonton sebanyak-banyak dan selama mungkin, dilakukan dengan jalan menayangkan program terbaik yang mereka miliki, baik yang mereka beli (program akuisisi) atau program yang mereka buat sendiri (in house production). Dengan demikian, program televisi dapat dikatakan sebagai senjata bagi stasiun televisi untuk menjaring penonton, sehingga didapat pula pemasang iklan yang akan memberikan pemasukan uang bagi mereka.Â
Untuk itu, program yang ditayangkan sebuah stasiun televisi dapat dikatakan baik, bagus atau berhasil jika program tersebut mampu menarik penonton sebanyak dan selama mungkin menyaksikan tayangan tersebut. Kesediaan penonton menyaksikan sebuah tayangan atau program sebanyak dan selama mungkin itulah yang dalam industri pertelevisian disebut dengan rating
Babak baru pertelevisian di Indonesia, yang ditandai dengan diberikannya izin dan frekuensi siaran televisi swasta di Indonesia, pada akhirnya melahirkan persaingan antar stasiun televisi yang melakukan siaran di Indonesia. Persaingan antarstasiun televisi tersebut ditandai dengan persaingan antarprogram atau acara televisi.Â
Melalui program acara tersebut, stasiun televisi berusaha untuk menarik sebanyak dan selama mungkin menonton acara atau stasiun televisi mereka. Keberhasilan merebut penonton  sebanyak dan selama mungkin akan memudahkan stasiun televisi tersebut untuk mendapatkan iklan, yang menjadi sumber pemasukan utama dari banyak stasiun televisi swasta.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H