Pada era Revolusi Industri 4.0 penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi semakin maju dan terus berkembang. berbagai bentuk perubahan yang terjadi di dalamnya seperti, kecerdasan buatan (artificial intelligence), perdagangan digital (e-commerce), data raksasa (Big Data), teknologi finansial, hingga sampai pada penggunaan robot. Kemudian pada era inilah proses digitalisasi terjadi.
Tujuan dari adanya digitalisasi adalah untuk membantu masyarakat dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.Â
Maka dengan adanya digitalisasi ini hadirlah sebuah inovasi dari para pelaku usaha dengan menciptakan berbagai macam aplikasi pencari rute atau aplikasi untuk kita bisa mengakses angkutan umum secara online.
Beraneka konten yang bertebaran di dunia maya baik dari media sosial, platform berita, platform sosial yang bersifat hiburan, dapat diakses dengan mudahnya pada kemajuan teknologi digital.Â
Oleh sebab itu, kita harus memahami betapa pentingnya literasi digital di era generasi milenial. Generasi milenial nantinya harus menjadi generasi yang pandai dalam mengelola media informasi digital. Mengasah kemampuan pola pikir agar terhindar dari isu-isu hoaks maupun provokatif dan juga penipuan.
Rivay erlangga
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H